Kompas TV regional berita daerah

Belajar Hidroponik Bersama Wakil Wali Kota Semarang

Kompas.tv - 19 Agustus 2020, 14:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ingin bercocok tanam dilahan yang sempit dan berharap bisa menjadi petani modern, sejumlah mahasiswa belajar cara menanam hidroponik bersama Wakil Wali Kota Semarang. Berbagai jenis tanaman hidroponik sayur-sayuran dan buah tumbuh subur di pekarangan rumah Wakil Wali Kota Semarang yang kini dipergunakan sebagai media belajar bercocok tanam bersama.

Inilah sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus yang sengaja datang di rumah Wakil Wali Kota Semarang di Kawasan Bukit Sari untuk belajar bertanam hidroponik. Dipilihnya Rumah Wakil Wali Kota Semarang, karena di rumah Hevearita Gunaryanti Rahayu atau sering di panggil Mbak Ita ini tengah getol menanam berbagai jenis tanaman hidroponik yang di kelola secara sederhana namun hasil tanamannya memuaskan.

Ada berbagai macam jenis tanaman hidroponik baik sayur-sayuran maupun buah yang di tanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Tidak itu saja, tanaman bunga pun dikembangkan di rumah yang sekaligus disulap menjadi tempat pelatihan hidroponik bagi warga.

Tidak hanya di kembangkan hidroponik sederhana dengan menggunakan polibag atau pralon, di sini juga dikembangkan cara lain yang kini sedang trend yaitu menggunakan media aquarium atau ember plastik. Selain menghasilkan sayur, dengan media tersebut juga bisa berternak ikan atau lele.

Sementara itu mahasiswa mengaku berkeinginan menjadi petani modern, di mana bisa memanfaatkan lahan sempit di tengah kota namun bisa menghasilkan panen yang memuaskan. Menurutnya tanaman hidroponik sangat cocok sebagai ketahanan pangan apalagi saat ini masa pandemi.

Salah satu kunci sukses belajar bertanam hidroponik yang perlu diperhatikan adalah pemberian pupuk atau nutrisi tumbuhan dan melakukan perawatan yang baik terhadap tanaman.

#Semarang #TanamanHidroponik #WaliKotaSemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x