Kompas TV regional berita daerah

Cegah Korupsi, Kades di Pekalongan Ikuti Sosialisasi

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 13:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sebanyak 22  kepala desa di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, mengikuti sosialisasi penggunaan dana desa yang digelar persatuan wartawan indonesia bekerjasama dengan kejaksaan, kepolisian serta sejumlah unsur. Mereka diberikan materi tentang penggunaan dana desa yang harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Materi ini dianggap penting karena sejumlah kepala desa di Kabupaten Pekalongan, kerap terjerat kasus korupsi penyelewengan dana desa.

Pihak kejaksaan, kepolisian, hingga kecamatan, mengaku akan memberikan bimbingan apabila ada kepala desa mengalami kesulitan dalam pengelolaan keuangan.

Sementara Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, mengaku mendukung dengan adanya sosialisasi penggunaan dana desa. Dengan adanya sosialisasi ini, kepala desa di Pekalongan diharapkan bisa mengetahui aturan main terkait penggunaan dana desa.

Ketua paguyuban kepala desa di Kecamatan Sesesi, Jokobahu, mengaku senang dengan adanya sosialisasi ini. Pasalnya, kepala desa kerap merasa kesulitan mengatur keuangan tanpa adanya pendampingan. Selain itu, banyak oknum yang mengatasnamakan organisasi masyarakat maupun jurnalis yang kerap memeras saat pelaksanaan penguunaan dana desa.

Di Kabupaten Pekalongan, rata-rata di setiap desa menerima bantuan sebesar 1,2 milyar pertahun. Dengan adanya sosialisasi dana desa, bupati mengingingkan tidak ada lagi penyalahgunaan dana desa.

#DanaDesa #KepalaDesa #BupatiPekalongan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x