Kompas TV regional berita daerah

Pemberdayaan Masyarakat Banawa Melalui Batik Banava

Kompas.tv - 14 Agustus 2020, 21:45 WIB
Penulis : KompasTV Palu

DONGGALA, KOMPAS.TV - Batik merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia,  di Kabupaten Donggala terdapat sebuah sanggar batik dimana sanggar batik ini tidak hanya menambah kekayaan budaya tetapi juga membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Jika sebelumnya Kabupaten Donggala terkenal dengan kain tenun Donggalanya, kini Kabupaten Donggala telah memiliki batik Banava dimana batik ini hadir untuk menambah kekayaan budaya Sulawesi Tengah dengan  mengangkat kekayaan alam serta ciri khas Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Donggalaa melalu motif batiknya.

Rendy Riflianto yang bekerjasama dengan sanggar batik Semarang membuat sanggar batik banava di Kabupaten Donggala ini, hadirnya sanggar batik Banava ini juga dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar yang sebelumnya terdampak bencana alam pada 2018 silam.

Masyarakat sekitar di ajar cara membatik dengan dua metode yaitu metode canting dan juga cap, upah yang diberikanpun tergantung dari kerumitan motifnya.

Saat ini sudah ada sekitar 50 pengrajin yang dipekerjaan di sanggar batik Banava ini, dimana rata - rata pengrajinnya merupakan ibu rumah tangga dan anak muda yang masih menganggur, yang tinggal di  Kelurahan Ganti Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala.

#BatikBanava #KabupatenDonggala #BatikKhasSulawesiTengah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x