Kompas TV regional berita daerah

24 Ribu Jiwa Di Bolsel Terdampak Banjir

Kompas.tv - 10 Agustus 2020, 16:30 WIB
Penulis : KompasTV Manado

BOLSEL, KOMPAS.TV - Bencana banjir di Kabupaten Bolaang Mongondow berdampak pada ribuan warga di daerah itu. Data pemerintah setempat, sebanyak 8000 kepala keluarga atau 24 ribu jiwa  yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, terdampak banjir.

Beginilah kondisi desa pakuku jaya salah satu desa yang terparah di Kecamatan Tomini Kabupaten Bolsel yang terisolasi pasca diterjang banjir  yang terjadi pada sabtu dini hari, 1 Agustus 2020, pukul 02.00 wita.

Puluhan rumah warga didesa ini hanyut terseret arus banjir dan sebagian lagi rusak parah, serta jembatan dan jalan nasional putus, sehingga warga terpaksa mengungsi.

Warga yang rumahnya hanyut dan rusak parah tidak dapat berbuat apa apa, selain pasrah dan berupaya mengambil sisa sisa kayu,  seng dan barang barang yang masih bisa digunakan.

Bupati Bolaang Mongondow Selatan,  Iskandar Kamaru, mengatakan, ada 8000 kepala keluarga atau 24 ribu jiwa yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Bolsel terdampak banjir, sejak banjir pertama pada akhir bulan juli silam,  yang diakibatkan intensitas curah hujan cukup tinggi membuat sejumlah sungai meluap.

Selain merendam rumah warga, banjir juga mengakibatkan kepala  desa bakida terseret arus sungai dan tidak ditemukan meski telah dilakukan pencarian, 29 rumah warga hanyut,  dan 64 rumah rusak parah, serta infarastruktur jalan nasional terjadi longsor disejumlah titik, tiga jembatan dan jalan nasional penghubung antara Kabupaten Bolsel dan Propinsi Gorontalo putus, mengakibatkan dua desa di Kecamatan Tomini dan kecamatan Helumo terisolasi, dan jingga kini tidak bisa dilintasi selain kendaraan khusus.

Meski kondisi cuaca di Kabupaten Bolsel mulai cerah, namun sebagian warga masih bertahan di pengungsian meskipun sebagian lagi sudah kembali kerumah masing masing.

Bantuan sosial bagi para korban banjir baik dari pemerintah setempat maupun warga yang peduli terus berdatangan sehingga kebutuhan warga terdampak banjir tetap terpenuhi yang di salurkan melalui jalur darat dan udara.

#kompastvmanado #bolsel #banjir

RAHMAN RAHIM / KOMPASTV / BOLSEL / SULAWESI UTARA //

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x