Kompas TV pendidikan kampus

UPI Buka 5.055 Kuota untuk Mahasiswa Baru melalui Jalur SNBT 2024

Kompas.tv - 4 April 2024, 22:35 WIB
upi-buka-5-055-kuota-untuk-mahasiswa-baru-melalui-jalur-snbt-2024
Universitas Pendidikan Indonesia yang termasuk ke dalam 25 PTN tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS-PTN Barat). (Sumber: upi.ac.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

BANDUNG, KOMPAS.TV - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jawa Barat menawarkan 5.055 kursi untuk penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di sembilan fakultas dan 103 program studi dari tingkat S1 hingga D3.

Menurut Ahmad Mudzakir, Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI, dari total 11.000 kursi yang tersedia, sebanyak 5.055 kursi dialokasikan untuk UTBK-SNBT, sementara sisanya akan melalui seleksi mandiri.

“Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali dan hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja,” kata dia.

Peserta yang ingin mengikuti SNBT di UPI harus terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Mereka hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sekali dan hanya berlaku untuk SNBT serta penerimaan di PTN pada tahun 2024.

Baca Juga: Siswa yang Lolos SNBP Dilarang Ikut SNBT 2024, Kok Begitu? Simak Penjelasannya

Namun, Ahmad juga mengingatkan, tidak semua peserta yang memiliki akun dapat mendaftar UTBK-SNBT.

Mereka yang sudah lulus pada SNBP 2024, SNBP 2023, dan SNMPTN 2022 tidak bisa mendaftar UTBK-SNBT 2024.

Ahmad menekankan pentingnya pemilihan program studi dengan hati-hati. Setelah lulus dalam SNBP, peserta akan diblokir dari mendaftar SNBT.

Terdapat perbedaan ketentuan pada tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

Proses penerimaan mahasiswa baru melalui SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemdikbudristek.

“Peserta jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal empat program studi yang terdiri dari dua pilihan program S1 dan dua pilihan program D3 serta D4,” kata Ahmad dikutip dari Antara, Kamis (4/4).

Peserta jalur SNBT diperbolehkan memilih hingga empat program studi, dua di antaranya dari pilihan program S1 dan dua dari program D3 serta D4.

Ahmad juga menjelaskan, ada ketentuan tambahan yang diberlakukan pada tahun 2024.

Peserta yang lulus melalui jalur SNBT 2024 dan sudah daftar ulang di PTN yang dituju tidak dapat diterima melalui seleksi mandiri di PTN mana pun.

Baca Juga: Hujan Pertanyaan Untuk Saksi Ace dan Wachid dari Yusril, Hotman hingga Hakim Arsul Terkait Bansos



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x