Kompas TV pendidikan sekolah

Update Penerima PIP Kemdikbud untuk SD, SMP, SMA, Cek Link Ini Bisa Pakai HP!

Kompas.tv - 29 November 2023, 10:38 WIB
update-penerima-pip-kemdikbud-untuk-sd-smp-sma-cek-link-ini-bisa-pakai-hp
Ini cara cepat untuk mengecek penerima PIP Kemdikbud. (Sumber: Kemdikbud)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) Indonesia meluncurkan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk mengurangi beban finansial keluarga dan mengurangi angka putus sekolah.

Program ini menyasar anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin atau rentan miskin, dengan tujuan utama untuk membantu mereka menyelesaikan pendidikan mereka.

PIP mendukung berbagai jalur pendidikan, mulai dari formal (SD hingga SMA/SMK) hingga non-formal (Paket A hingga Paket C dan pendidikan khusus), dengan fokus pada pencegahan putus sekolah dan reintegrasi siswa yang telah putus sekolah.

Baca Juga: Cara Cek Pencairan dan Penerima Bansos PKH 2023, Lansia Dapat Rp2,4 Juta per Tahun!

Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi generasi muda Indonesia dalam meraih pendidikan yang lebih baik.

Cara mengecek siapa saja siswa yang menerima PIP bisa dilakukan menggunakan ponsel atau HP Anda. Berikut caranya sebagaimana dilansir dari situs Kemdikbud.

Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud

Untuk memeriksa status penerimaan bantuan PIP, dapat dilakukan melalui situs resmi PIP di pip.kemdikbud.go.id, dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), serta mengikuti proses verifikasi keamanan.

Baca Juga: Info Pencairan Bansos BPNT Tahap 6, Penerima Langsung Dapat Rp400 Ribu Sekali Transfer

Bantuan finansial yang disediakan oleh PIP bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan siswa.

Untuk SD/sederajat, bantuan adalah Rp450 ribu per tahun, dengan pembagian khusus untuk beberapa kelas.

Untuk SMP/sederajat, bantuan mencapai Rp750 ribu per tahun, dan untuk SMA/sederajat, bantuan sebesar Rp1 juta per tahun, dengan pembagian khusus untuk kelas tertentu.

PIP merupakan langkah signifikan dari Kemdikbud Ristek dalam mendukung pendidikan anak-anak Indonesia, khususnya dari keluarga kurang mampu.

Dengan adanya bantuan finansial ini, diharapkan dapat membantu meringankan beban keuangan keluarga dan secara efektif mengurangi angka putus sekolah di Indonesia, membuka jalan bagi masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda.

Baca Juga: Info Bantuan BLT El Nino Rp400 Ribu untuk 18,8 Juta KPM, Langsung Cair Penuh 2 Bulan


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.