Kompas TV pendidikan kampus

Milad ke-66, Rektor Uhamka Refleksikan di Balik Visi Prophetic Teaching University

Kompas.tv - 16 November 2023, 02:15 WIB
milad-ke-66-rektor-uhamka-refleksikan-di-balik-visi-prophetic-teaching-university
Dalam rangka Milad ke-66, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar sidang terbuka di Aula AR. Fachrudin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Rabu (15/11/2023). (Sumber: Dok Humas Uhamka)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka Milad ke-66, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar sidang terbuka di Aula AR.Fachrudin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: Uhamka Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Kemendikbudristek: PTS Lain Tingkatkan Mutu Pembelajaran

Di sana, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka merefleksikan visi lembaga pendidikannya menuju Prophetic Teaching University. 

Di balik visi itulah, menurut Gunawan, Uhamka bertekad melahirkan lulusan berkompetensi unggul secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

"Sejak tahun 2020 lalu, Uhamka telah bertekad menggaungkan visinya sebagai Prophetic Teaching University, yakni nilai-nilai kenabian yang perlu kita tanamkan terhadap lulusan Uhamka di masa depan," ujar Gunawan kepada Kompas.tv melalui keterangan tertulisnya, Rabu.

Selain itu, ia menyampaikan dalam laporan tahunannya tentang berbagai hal yang masih terkait dengan visi tersebut.

Di antaranya adalah perihal integrasi keilmuan al-Islam kemuhammadiyahan, peningkatan pendidikan dan pengajaran, serta integritas sumber daya manusia.

Semua tentang itu pun saling terkait dengan kemahasiswaan, peningkatan mutu penelitian, peningkatan mutu pengabdian, produktivitas publikasi ilmiah, dan kolaborasi. 

Tanpa terkecuali perankingan universitas, kekayaan intelektual, refleksi filantropi, pengembangan unit usaha dan bisnis, serta pembangunan berkemajuan.

Gunawan menambahkan, laporan tahunan menjadi pengingat dan pemacu dalam mewujudkan visi Propethic Entrepreneurial University 2044, yakni melalui proses pengembangan kampus Islami.

Termasuk pula pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas SDM dosen dan tenaga kependidikan, mutu penelitian, pengabdian, publikasi, dan inovasi.

Baca Juga: Menteri PPPA Harap Sekolah Perempuan Uhamka Jawab Tantangan Masa Kini

Di samping itu, lanjut Gunawan, juga melakukan kerja sama di dalam dan luar negeri, serta pengembangan usaha (bisnis) dalam menunjang pembinaan dan pelatihan entrepreneurship. 

Dengan mengusung tema Uhamka Mendidik; Ikhtiar Menyelamatkan Semesta, sidang terbuka itu turut dihadiri Agung Danarto (Ketua PP Muhammadiyah), Prof Toni Toharudin (Ketua LLDIKTI Wilayah III), Prof Dadang Kahmad (Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka) beserta para anggotanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x