Kompas TV pendidikan sekolah

Cara Cek Siswa Penerima Bantuan PIP di SiPintar pip.kemdikbud.go.id September 2023 via HP

Kompas.tv - 22 September 2023, 10:42 WIB
cara-cek-siswa-penerima-bantuan-pip-di-sipintar-pip-kemdikbud-go-id-september-2023-via-hp
Ini cara cepat untuk mengecek penerima PIP Kemdikbud. (Sumber: Kemdikbud)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia telah menghadirkan solusi untuk meningkatkan akses pendidikan di kalangan keluarga miskin melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

Program ini memberikan bantuan tunai kepada peserta didik di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dengan tujuan utama untuk mendukung anak-anak usia sekolah dari keluarga rentan agar tetap mendapatkan layanan pendidikan hingga dapat menyelesaikan pendidikan menengah.

PIP berfokus pada mencegah peserta didik putus sekolah dan meningkatkan angka partisipasi pendidikan.

Baca Juga: Link Cek Siswa Penerima PIP via HP 2023 di SiPintar pip.kemdikbud.go.id, Bantuan hingga Rp1 Juta

Dukungan yang diberikan oleh PIP mencakup sejumlah aspek penting dalam pendidikan. Salah satunya, pemberian uang tunai kepada peserta didik, yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan seperti pembelian buku dan alat tulis, seragam sekolah, transportasi, serta uang saku.

Bantuan PIP mencakup berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga sekolah menengah kejuruan, termasuk jalur non-formal seperti paket A hingga paket C, serta pendidikan khusus.

Baca Juga: Daftar Link Nama Siswa Penerima Siswa SD, SMP, SMA di SiPintar pip.kemdikbud.go.id via HP

Salah satu dampak positif dari Program Indonesia Pintar adalah mengurangi beban biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh keluarga, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Hal ini memungkinkan anak-anak dari keluarga miskin untuk terus mendapatkan pendidikan yang layak tanpa terkendala masalah finansial.

Bagi mereka yang ingin memeriksa status penerima PIP, pemerintah telah menyediakan layanan online. Berikut langkah-langkah untuk mengecek penerima PIP di pip.kemdikbud.go.id.

Baca Juga: Link Daftar Siswa Penerima PIP September 2023 di SiPintar pip.kemdikbud.go.id via HP

Cek Penerima PIP via SiPintar dari HP 2023

  1. Kunjungi situs resmi SiPintar PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id melalui komputer atau ponsel Anda.
  2. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dengan benar pada halaman utama situs.
  3. Setelah memasukkan NIK dan NISN, klik tombol "Cek Penerima PIP".
  4. Jika Anda terdaftar sebagai penerima, status penerimaan PIP 2023 dan keterangan tentang pencairan bantuan KIP akan ditampilkan.

Besaran dana bantuan PIP berbeda-beda berdasarkan tingkat pendidikan. Berikut besaran dana bantuan PIP tahun 2023:

  • SD/sederajat: Sebesar Rp450 ribu per tahun, dengan khusus kelas VI semester genap dan kelas 1 semester ganjil akan menerima Rp225 ribu per tahun.
  • SMP/sederajat: Sebesar Rp750 ribu per tahun, dengan khusus kelas IX semester genap dan kelas VII semester ganjil akan menerima Rp375 ribu per tahun.
  • SMA/sederajat: Sebesar Rp1 juta per tahun, dengan khusus kelas XII semester genap dan kelas X semester ganjil akan menerima Rp500 ribu per tahun.

Bantuan ini merupakan langkah nyata untuk mempermudah akses pendidikan berkualitas bagi semua anak-anak sehingga memungkinkan mereka memiliki masa depan yang lebih cerah dan penuh harapan.

Baca Juga: Nama Siswa SD-SMP yang Dapat Bantuan PIP Kemdikbud September, Login di pip.kemdikbud.go.id


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x