Kompas TV pendidikan beasiswa

Buruan Daftar, Beasiswa Unggulan Kemendikbud untuk S1 hingga S3 Segera Tutup

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 21:00 WIB
buruan-daftar-beasiswa-unggulan-kemendikbud-untuk-s1-hingga-s3-segera-tutup
Ilustrasi. Beasiswa Unggulan 2023 untuk jenjang S1-S3 dari Kemendikbud dibuka sejak 3 Agustus 2023 (Sumber: iStockPhoto)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyediakan beasiswa unggulan bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa S1 atau S2 yang sedang menempuh studi tahun 2023 ini.

Ada empat jenis Beasiswa Unggulan Kemendikbud, yakni Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek, Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Penghargaan.

Melansir dari situs resmi Kemendikbud, Beasiswa Unggulan untuk masyarakat berprestasi ditujukan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang sarjana, magister, dan dokto, baik di perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi luar negeri.

Sementara itu, jenis Beasiswa Unggulan yang kedua merupakan beasiswa studi bagi pegawai negeri sipil (PNS) Kemendikbud-Ristek yang melanjutkan pendidikan pada jenjang magister dan doktor yang diselenggarakan pada perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi luar negeri.

Baca Juga: Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Segera Ditutup, Perhatikan Jadwal dan Syaratnya

Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas, diberikan kepada masyarakat kategori penyandang disabilitas untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang magister dan doktor.

Selain itu, Beasiswa Unggulan Penghargaan adalah Beasiswa Unggulan yang diberikan berupa penghargaan pemerintah kepada anak kandung dari orang tua yang gugur dalam menjalankan tugas negara dan/atau pengabdian kepada negara dan ditetapkan oleh pemerintah untuk melanjutkan Pendidikan.


Waktu pendaftaran dan jadwal Beasiswa Unggulan

Beasiswa unggulan dari Kemendikbudristek dibuka sejak 3 hingga 17 Agustus 2023.

Kemudian, seleksi tahap I dilaksanakan pada 18 - 22 Agustus 2023. Hasil seleksi tahap I akan diumumkan pada 23 Agustus 2023.

Selanjutnya, seleksi tahap II dilaksanakan pada 4 - 12 September 2023. Hasil seleksi ini akan diumumkan pada 18 September 2023.

Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan pembekalan dan penejlasan teknis penandatanganan kontrak pada 21 hingga 30 September 2023.

Baca Juga: Beasiswa BCA untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat, Dapat Uang Saku hingga Kesempatan Magang dan Kerja

Berkas syarat pendaftaran

Berikut ini berkas yang perlu disiapkan untuk mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Kartu Tanda Mahasiswa (khusus On-Going).
  • Surat Penerimaan/Keterangan Lulus/LoA Unconditional dari Perguruan
  • Tinggi.
  • Surat Keterangan Aktif Kuliah yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi.
  • Kartu Hasil Studi (KHS) semester 1 dan 2 (khusus On-Going).
  • Ijazah dan transkrip nilai terakhir.
  • Sertifikat Bahasa Indonesia untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan
  • Bahasa Kemendikbudristek
  • Sertifikat Bahasa Inggris untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri.
  • Rencana studi bagi program magister.
  • Proposal penelitian disertasi bagi program doktor.
  • Surat rekomendasi dari akademisi atau institusi terkait.
  • Surat pernyataan pendaftar Beasiswa Unggulan

Kemendikbud menegaskan, Perguruan Tinggi dan Program Studi tujuan calon peserta minimal terakreditasi B atau Sangat Baik.

Selain itu, beasiswa ini tidak diberikan untuk guru, tenaga kependidikan, dosen, dan pelaku budaya. Sebab menurut Kemendikubd, orang-orang yang termasuk dalam kategori tersebut sudah masuk pada skema program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x