Kompas TV pendidikan kampus

Jadwal, Syarat, Cara Daftar, dan Biaya Kuliah Seleksi Mandiri S1 Kedokteran IPB University 2023

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 06:05 WIB
jadwal-syarat-cara-daftar-dan-biaya-kuliah-seleksi-mandiri-s1-kedokteran-ipb-university-2023
Institut Pertanian Bogor (IPB) University kembali membuka seleksi mandiri (SM) untuk masuk program studi S1 Kedokteran periode akademik 2023/2024. Berikut informasi lengkap mengenai biaya kuliah serta syarat, jadwal, dan cara pendaftaran Fakultas Kedokteran IPB University. (Sumber: Dok. IPB)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Institut Pertanian Bogor (IPB) University kembali membuka seleksi mandiri (SM) untuk masuk program studi S1 Kedokteran periode akademik 2023/2024. Berikut informasi lengkap mengenai biaya kuliah serta syarat, jadwal, dan cara pendaftaran Fakultas Kedokteran IPB University.

IPB University sendiri mendirikan Fakultas Kedokteran karena rasio ideal dokter dengan penduduk di Indonesia masih kurang. Lulusan Kedokteran IPB University pun diharapkan akan memenuhi kebutuhan dokter di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Lulusan program studi S1 Kedokteran IPB University diharapkan dapat memeberikan pelayanan di berbagai fasilitas kesehatan.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran IPB juga diharap melayani kebutuhan kesehatan, meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, serta berperan dalam pencegahan penyakit dan penanganan kesehatan di Indonesia.'

Baca Juga: 5 Tips Efektif Atasi Malas Belajar dan Tetap Semangat Jalani Kuliah

Melansir informasi resmi IPB University, berikut informasi lengkap mengenai biaya kuliah serta syarat, jadwal, dan cara pendaftaran Fakultas Kedokteran IPB University.

Jadwal, syarat, cara daftra, dan biaya kuliah S1 Kedokteran IPB

Jadwal pendaftaran SM Kedokteran IPB 2023

  • Pendaftaran: 5-11 Agustus 2023
  • Ujian online: 12 Agustus 2023
  • Pengumuman seleksi: 14 Agustus 2023
  • Masa sanggah: 14-18 Agustus 2023
  • Registrasi ulang: 14-18 Agustus 2023
  • Pembayaran UKT dan BPIF: 14-18 Agustus 2023
  • Awal perkuliahan: 21 Agustus 2023

Syarat daftar S1 Kedokteran IPB

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Lulusan SMA/MA jurusan IPA tahun 2021, 2022, atau 2023
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bebas narkoba
  • Tidak buta warna parsial atau total

Cara daftar SM S1 Kedokteran IPB University

Pendaftaran seleksi mandiri program S1 Kedokteran IPB University dilaksanakan secara online. Pendaftar diminta membuat akun terlebih dahulu di laman pendaftaran IPB berikut https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/Account/Login?ReturnUrl=%2FBiodata

Pendaftar kemudian diminta mengikuti langkah-langkah yang disyaratkan pada platform tersebut. Pendaftar juga diwajibkan mengikuti ujian online sebagai seleksi masuk.

Biaya kuliah S1 Kedokteran IPB 2023

IPB University umumnya mengenakan uang kuliah tungggal (UKT) yang dibagi dalam lima golongan sebagai biaya kuliah mahasiswa. Namun, untuk program S1 Kedokteran, UKT dipukul rata menjadi Rp20 juta per semester.

Mahasiwa juga diwajibkan uang pangkal atau Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF). BPIF yang wajib disetorkan pada awal masuk kuliah bagi mahasiswa Kedokteran adalah sekurang-kurangnya Rp150 juta.

Baca Juga: Siap-siap! PPG Prajabatan 2023 Gelombang 2 Segera Dibuka, Ini Cara Daftarnya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x