Kompas TV pendidikan kampus

Cara dan Syarat Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Program Vokasi, Ditutup Hari Ini!

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 08:21 WIB
cara-dan-syarat-pendaftaran-seleksi-mandiri-universitas-brawijaya-program-vokasi-ditutup-hari-ini
Ilustrasi Universitas Brawijaya. Periode pendaftaran mahasiswa baru 2023 melalui seleksi mandiri program vokasi Universitas Brawijaya (UB) jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) , dibuka hingga hari ini. (Sumber: ub.ac.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Periode pendaftaran mahasiswa baru 2023 melalui seleksi mandiri program vokasi Universitas Brawijaya (UB) jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  dibuka hingga hari ini, Kamis (27/7/2023). 

Melansir dari laman UB, pendaftaran akan ditutup malam nanti, pada pukul 23.59 WIB.

Sebagai informasi, program Vokasi pada seleksi mandiri tersebut dibuka untuk jenjang Diploma (D3) dan Sarjana Terapan (D4).

Seleksi mandiri tersebut dilaksanakan berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan.

Bagi Anda yang berminat menjadi mahasiswa UB, dapat melakukan pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id.

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UB 2023 Jalur Vokasi adalah sebesar Rp. 350.000.


Namun, sebelum mendaftar wajib memperhatikan syarat yang telah ditentukan oleh pihak kampus.

Syarat Pendaftaran

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021, 2022 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah;
  3. Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2023 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto). Lulusan Tahun 2023 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya;
  4. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
  5. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN (bagi siswa yang SMA dari luar negeri yang tidak memilik NISN dan NPSN harap menghubungi melalui HALO SELMA https://haloselma.ub.ac.id);
  6. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Baca Juga: Link dan Cara Cek Pengumuman Jalur Mandiri UNJ 2023 Hari Ini, Cek Biaya Kuliah UKT dan BKT

Persyaratan Program Studi

1. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan;

2. Program studi yang ditawarkan adalah program Diploma III (D3) dan Sarjana Terapan (D4). Syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada Kelompok VOKASI Diploma III dan Sarjana Terapan

3. Bagi peserta yang memilih Program Studi Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  • Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  • Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D(seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
  • Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2023.
  • Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian. Daftar unduhan yakni Template portofolio dan Petunjuk penyusunan dokumen portofolio

4. Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi Diploma III Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan sbb:

  • Berpenampilan menarik (good looking)
  • Tinggi badan perempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional.
  • Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik.
  • Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran post card (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum 1 menit. Video diunggah di Google Drive menggunakan akun pribadi masing-masing kemudian dibagikan (share). Tautan url dari video tersebut dilampirkan pada pendaftaran online/menu pemberkasan.

Cara Daftar

  1. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
  2. Memilih Seleksi Mandiri Fakultas Vokasi 2023 pada halaman dashboard;
  3. Melakukan pengisian data berupa Nomor Peserta UTBK, NISN dan NPSN (tidak diperlukan Skor/Nilai UTBK);
  4. Melakukan konfirmasi kesesuaian data UTBK dan mendapatkan Kode Pembayaran;
  5. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan Kode Pembayaran yang muncul saat pendaftaran di admisi;
  6. Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI, Bank Mandiri atau atau Bank BRI seluruh Indonesia dengan menyertakan Kode Pembayaran;
  7. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman admisi. Konfirmasi pembayaran dengan input secara Mandiri yaitu masuk di Dashboard admisi dengan klik Pendaftaran kemudian input tanggal bayar, input Biaya Pendaftaran Rp. 350.000, Pilih Bank untuk bayar dan Klik Konfirmasi) tidak ada waktu tunggu jika pembayaran sudah sesuai. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar atau Sreen Shoot layar ATM sebagai bukti cadangan jika bukti bayar tidak keluar (jika tidak ada bukti dapat diganti dengan surat Pernyataan telah melakukan Pembayaran di Bank dan tanggal pembayaran)
  8. Mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
  9. Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II;
  10. Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut :
  11. Foto diri ukuran 3 x 4 background warna bebas (Bisa pakai foto Ijazah/UTBK)
  12. Scan Ijazah/SKL (bagi siswa lulusan 2021/2022) yang telah di legalisir Pihak Sekolah / Scan Surat Keterangan Lulus bagi lulusan tahun 2023 dan dan scan dari aslinya.
  13. Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Surat Keterangan Kependudukan/Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum punya KTP
  14. Kartu Peserta UTBK Tahun 2023 (tidak diperlukan Skor Nilai UTBK, UB akan mendapatkan Nilai UTBK dari Panitia Pusat LTMPT).
  15. Bagi yang memiliki sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK (jika ada prestasi yang diisikan pada isian prestasi), seperti Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze), Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze), Tingkat Regional/Provinsi/Kabupaten/Kota (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze), Hafizh Al-Quran (5, Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz), Penghafal Kitab Suci dari Agama yang berlaku di Indonesia.
  16. Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran;
  17. Cetak kartu peserta seleksi atau disimpan dalam bentuk file PDF.

Pembayaran pendaftaran dapat dilakukan pada Bank Mitra UB, uakni BNI, Mandiri, atau BRI.

Baca Juga: Link dan Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Unair 2023 Tes Tulis KIP Kuliah, Ini Ketentuannya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x