Kompas TV pendidikan kampus

Daftar 5 Universitas Tertua di Indonesia dan Jumlah Prodinya

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 08:30 WIB
daftar-5-universitas-tertua-di-indonesia-dan-jumlah-prodinya
Ilustrasi kampus Universitas Indonesia (UI). (Sumber: Tribunnews.com/Herudin)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di antara ribuan perguruan tinggi di Indonesia tentu saja ada beberapa yang masuk dalam kategori perguruan tinggi tertua di Indonesia. 

Bahkan, ada beberapa perguruan tinggi yang sudah berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka dan saat masa penjajahan Belanda. 

Melansir Kompas.com, Senin (21/11/2022) berikut rangkuman mengenai 5 perguruan tinggi di Indonesia yang termasuk tertua dan jumlah program studi (prodi) yang ada di kampus tersebut. 

Baca Juga: Jalur Mandiri Unesa 2023 TMUBK Gelombang 2 Masih Dibuka, Simak Jadwal, Syarat hingga Cara Daftarnya

Selengkapnya adalah sebagai berikut: 

1. Universitas Indonesia (UI)

Didirikan pada tahun 1849, Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia yang memiliki 14 fakultas dan menawarkan lebih dari 291 program studi.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB) 

Berdiri pada tahun 1920, kampus yang awalnya dikenal sebagai de Technische Hoogeschool te Bandung (TH) kini menawarkan 50 program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa.

Baca Juga: Ingat, Jalur Mandiri Reguler UNNES 2023 Tahap 2 Dibuka Sampai Besok, Simak Cara Daftarnya di Sini!

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

Dibentuk pada tahun 1945, pada tahun akademik 2022/2023, Universitas Islam Indonesia (UII) menyediakan program pendidikan di tingkat sarjana (S1) yang mencakup 26 pilihan program studi.

Terdapat juga 3 pilihan program studi untuk program sarjana terapan, 1 pilihan program studi untuk program diploma (D3), 3 pilihan program studi untuk program profesi, 13 program studi untuk program magister (S2), dan 5 program studi untuk program doktor (S3).

Dari seluruh program studi yang ditawarkan oleh UII, 70 persen diantaranya telah mendapatkan akreditasi Unggul atau A.


4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Didirikan pada tahun 1949, perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Yogyakarta memiliki 18 Fakultas dan 1 Sekolah Vokasi, yang secara keseluruhan menawarkan 91 program studi.

5. Universitas Nasional (Unas)

Berdiri sejak tahun 1949, Universitas Nasional (UNAS) memiliki 10 fakultas dan 34 program studi yang mencakup jenjang Sarjana, profesi, dan pascasarjana.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x