Kompas TV pendidikan beasiswa

Dibuka hingga 12 Juli, Ini Syarat dan Cara Daftar Beasiswa Cendekia BAZNAS, Aktivis Bisa Daftar!

Kompas.tv - 8 Juli 2023, 20:47 WIB
dibuka-hingga-12-juli-ini-syarat-dan-cara-daftar-beasiswa-cendekia-baznas-aktivis-bisa-daftar
Ilustrasi beasiswa pendidikan. Berikut persyaratan dan cara mendaftar Beasiswa Cendekia BAZNAS. Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa yang memenuhi kriteria per kategori, mulai dari kategori jurusan prioritas, wirausaha, hingga aktivis. (Sumber: faperta.uniska-bjm.ac.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program Beasiswa Cendekia yang dibuat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dibuka hingga Rabu (12/7/2023) pekan depan. Pendaftaran progam beasiswa ini telah dibuka sejak 3 Juli 2023 lalu.

Beasiswa Cendekia BAZNAS dapat diambil oleh mahasiswa D4 hingga S1 di perguruan tinggi mitra beasiswa BAZNAS. Berikut persyaratan dan cara mendaftar Beasiswa Cendekia BAZNAS sebagaimana dilansir laman resmi BAZNAS.

BAZNAS sendiri tercatat memiliki 111 perguruan tinggi mitra. Mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dapat mendaftar Beasiswa Cendekia dan akan didanai mulai semester 5 hingga semester 8.

Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa yang memenuhi kriteria per kategori, mulai dari kategori jurusan prioritas, wirausaha, hingga aktivis.

Baca Juga: Beasiswa LPDP Tahap 2 Masih Dibuka dan Bisa Mendaftar tanpa LoA, Begini Caranya

Penerima Beasiswa Cendekia akan mendapat subsidi uang kuliah tunggal (UKT) senilai Rp3 juta per semester. Dana ini akan dikirimkan langsung ke rekening kampus mitra atas nama mahasiswa penerima beasiswa.

Selain itu, penerima beasiswa juga akan mengikuti program pengembangan diri bersama mentor beasiswa BAZNAS, baik mentor kampus atau tokoh nasional.

Syarat pendaftaran beasiswa Cendekia BAZNAS

1. Mahasiswa S1/D4 semester 5 program reguler di kampus mitra BAZNAS.

2. Memenuhi salah satu dari kategori beasiswa berikut:

  • Kategori Jurusan prioritas: Komputer, profesi (kedokteran, psikologi, keperawatan, farmasi), Teknik, Akuntansi, Statistika, Manajemen Zakat dan Wakaf, Komunikasi, Ekonomi, dan Pendidikan.
  • Kategori Prestasi: Memiliki prestasi nasional dan/atau internasional (lebih direkomendasikan yang telah tercatat di Pusat Prestasi Nasional [Puspresnas] Kemdikbud).
  • Kategori Wirausaha: Memiliki usaha pribadi yang sudah berjalan minimal 6 bulan.
  • Kategori Aktivis: Aktif menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan minimal tingkat jurusan atau organisasi kepemudaan/masyarakat.

3. IPK minimal 3,00 (skala 4,00)

4. Melengkapi berkas:

  • Pas foto terbaru/berwarna KTP dan Kartu Keluarga.
  • Transkrip nilai IPK terakhir.
  • Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau atau surat rekomendasi dari BAZNAS Kabupaten/Kota (pilih salah satu saja).
  • Surat pernyataan.
  • Esai dengan tema “Kontribusiku Menjadi Generasi Zakat"

Cara pendaftaran beasiswa Cendekia BAZNAS

  • Mengunduh (download) dan melengkapi formulir pendaftaran sesuai format berkas persyaratan yang dapat diunduh di: https://bit.ly/panduanbcbdn2023.
  • Mengumpulkan berkas yang sudah dilengkapi ke kampus.

Baca Juga: Panduan Lengkap dan Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi Kemenag 2023


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.