Kompas TV pendidikan sekolah

Cek Rekening! KJMU Tahap 1 2023 Cair, Mahasiswa Dapat Rp9 Juta per Semester

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 15:43 WIB
cek-rekening-kjmu-tahap-1-2023-cair-mahasiswa-dapat-rp9-juta-per-semester
Ilustrasi mahasiswa. Bantuan untuk penerima Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) Tahap I Tahun 2023, bagi penerima gelombang 2 telah cair secara bertahap mulai tanggal 4 Juli 2023. (Sumber: Kompas.com / ABC News)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bantuan untuk penerima Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) Tahap I Tahun 2023, bagi penerima gelombang 2 telah cair secara bertahap mulai tanggal 4 Juli 2023.

Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyebut terdapat 187 mahasiswa yang akan menerima bantuan pendidikan tersebut.

Informasi tersebut disampaikan P4OP Dinas Pendidikan DKI Jakarta dalam akun Instagram resminya @upt.p4op.

"Ada info penting yang harus kamu ketahui, yaitu pencairan dana KJMU Tahap I Tahun 2023 bagi penerima Gelombang 2 dilaksanakan secara bertahap mulai 4 Juli 2023," tulis akun @upt.p4op, Selasa (4/7/3034).

"Jumlah penerima KJMU Tahap I Tahun 2023 Gelombang 2 sebanyak 187 mahasiswa," imbuh keterangannya.

KJMU adalah program pemberian bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan bagi calon/mahasiswa perguruan tinggi negeri atau swasta (PTN/PTS).

Penerima KJMU berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di PTN/PTS dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Dana KJP Plus Tahap I 2023 Bulan Juli Sudah Cair, Cek Besaran Bantuannya Di sini!

Besaran KJMU

Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan diberikan dalam bentuk biaya penyelenggaraan pendidikan dan/atau biaya pendukung personal yaitu sebesar Rp1,5 juta per bulan, atau Rp9 juta per semesternya untuk setiap mahasiswa.

Dikutip dari laman KJMU DKI Jakarta, biaya penyelenggaraan pendidikan dikelola oleh PTN dan penyaluran biaya penyelenggaraan pendidikan ke rekening PTN melalui pendebetan dari rekening mahasiswa berdasarkan Surat Kuasa Pendebetan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan.

Biaya pendukung personal adalah bantuan biaya hidup yang dapat berupa biaya buku, makanan bergizi, transportasi, perlengkapan/peralatan dan/atau biaya pendukung personal lainnya.

Penyaluran biaya pendukung personal ke rekening masing-masing mahasiswa.

Persyaratan KJMU

Untuk mendapatkan program ini terdapat persyaratan umum dan khusus yang yang harus dipenuhi calon penerima, seperti yang tertuang dalam laman Pemprov DKI Jakarta, antara lain:

Persyaratan umum:

  • Berdomisili dan memiliki Kartu Tanda Penduduk serta Kartu Keluarga DKI Jakarta;

  • Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan/atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Daerah

  • tidak menerima beasiswa/bantuan pendidikan lain yang bersumber dari APBN dan/atau APBD

Persyaratan Khusus 

  • Lulus dari pendidikan menengah pada satuan pendidikan negeri/swasta di DKI Jakarta, paling lama 3 tahun sebelumnya

  • Dinyatakan lulus pada Perguruan Tinggi Negeri jalur reguler di bawah naungan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi dan Kementerian Agama Republik Indonesia; dan/atau

  • Dinyatakan lulus seleksi pada Perguruan Tinggi Swasta jalur reguler dengan akreditasi institusi A dan program studi yang terakreditasi A di DKI Jakarta pada Bidang Prioritas sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah DKI Jakarta tahun berjalan.

  • Bagi calon penerima KJMU yang sudah berstatus sebagai mahasiswa, ada ketentuan tambahan persyaratan khusus yakni pengajuan sebagai calon penerima baru KJMU maksimal hingga semester 4 (tidak diperkenankan bagi mahasiswa lanjutan lebih dari semester 4).

Baca Juga: Simak Cara Daftar DTKS Agar Bisa Mendapat KJP Plus


 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x