Kompas TV pendidikan kampus

4 Kampus Negeri yang Tak Pungut Uang Pangkal di Jalur Mandiri, Alternatif jika Tak Lolos UTBK 2023

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 14:57 WIB
4-kampus-negeri-yang-tak-pungut-uang-pangkal-di-jalur-mandiri-alternatif-jika-tak-lolos-utbk-2023
Ilustrasi Universitas Indonesia (UI). Daftar kampus negeri yang tidak menetapkan uang pangkal. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi Anda yang tidak lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK 2023, berikut alternatif kampus negeri yang tidak memungut uang pangkal.

Umumnya, biaya kuliah untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri lebih mahal karena adanya pungutan uang pangkal atau uang pembangunan.

Namun, tidak semua perguruan tinggi negeri (PTN) mewajibkan mahasiswa membayar uang pangkal. Mengutip Kompas.com, ada empat PTN tanpa uang pangkal.

Baca Juga: Unsoed Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK 2023, Ini Jadwal dan Syaratnya

Kampus Negeri Tanpa Uang Pangkal

1. PTKIN

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) tidak diizinkan untuk memungut uang pangkal kepada mahasiswa baru.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 244 Tahun 2022 tentang Uang Kuliah Tunggal pada PTKIN 2022/2023 menekankan bahwa mahasiswa yang diterima jalur mandiri hanya dibebankan UKT.

Untuk itu, Anda dapat mendaftar di UIN, IAIN, maupun STAIN. Beberapa PTKIN juga membuka jalur mandiri menggunakan nilai UTBK.

Baca Juga: Link dan Cara Melihat Skor UTBK 2023 bagi yang Lulus dan Tidak Lulus

2. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya juga tidak menerapkan uang pangkal bagi mahasiswa jalur mandiri, hanya dibebankan uang kuliah tunggal (UKT).

UKT di Universitas Sriwijaya bervariasi, tergantung program studi (prodi) yang dipilih, berkisar dari Rp2 jutaan hingga Rp13 jutaan. Untuk prodi Pendidikan Dokter, diwajibkan membayar Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), preklinik, dan klinik.

Informasi mengenai UKT Universitas Sriwijaya dapat diakses di laman ini.

Baca Juga: UTBK Selesai, Ketua SNPMB Sebut Masih Ada 14 Persen Kuota Lewat SNBT

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS juga termasuk kampus negeri yang tidak memungut uang pangkal. Namun, hal ini dikhususkan untuk mahasiswa yang diterima di seleksi mandiri prestasi.

Sebagai informasi, ITS membuka tiga jenis jalur mandiri, yakni seleksi mandiri prestasi, seleksi mandiri reguler, dan seleksi mandiri kemitraan.

Mahasiswa yang diterima di jalur seleksi mandiri prestasi, tidak diwajibkan membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA).

Informasi lebih lanjut mengenai biaya kuliah di ITS dapat diakses di laman ini.

Baca Juga: Calon Mahasiswa yang Lolos UTBK 2023, Simak Biaya Kuliah UGM, UI, IPB, ITB, Undip, hingga Unair

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) tidak membebankan mahasiswa baru untuk membayar uang pangkal. Uang pangkal hanya dikenakan bagi mahasiswa program sarjana paralel.

Adapun, biaya kuliah di UI didasarkan pada kemampuan ekonomi mahasiswa, bukan didasarkan pada jalur seleksi.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x