Kompas TV otomotif otonews

Musim Hujan Datang, Simak Tips Merawat Motor Listrik agar Tetap Aman

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 11:29 WIB
musim-hujan-datang-simak-tips-merawat-motor-listrik-agar-tetap-aman
Penampakan motor listrik Jokowi yang laku dijual Rp2.550.000.000 dan dibeli pengusaha asal Jambi. (Sumber: Biro Pers Setpres/Laily Rachev)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakarta dan sekitarnya saat ini tengah menghadapi musim hujan, yang menimbulkan tantangan khusus bagi pengguna motor listrik.

Musim yang ditandai dengan hujan lebat dan banjir ini, menimbulkan risiko besar bagi komponen sensitif kendaraan ini, khususnya dinamo listrik.

Tak hanya itu, musim hujan juga dapat mengancam fungsionalitas dari komponen penting motor listrik, terutama untuk model yang menggunakan sistem hub drive.

Baca Juga: Cara Buat SIM Internasional secara Online, Berlaku di 92 Negara

Dinamo sebagai komponen penting dari motor listrik, sangat rentan terhadap kerusakan akibat air.

Jika air masuk terutama melalui sumbu roda, dapat menyebabkan kerusakan internal serius, seperti penumpukan karat, terutama jika segel sumbu telah memburuk.

Baca Juga: Manfaatkan Segera, Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta Kembali Diadakan

Saran Ahli untuk Menghindari Kerusakan Dinamo

Menurut Ady Siswanto, pemilik bengkel spesialis motor listrik Petrikbike, pengguna motor listrik sebaiknya menghindari menerobos banjir.

Air yang masuk ke dalam dinamo melalui as roda, terutama jika segel as-roda telah mengeras, dapat menyebabkan kerusakan parah.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor secara Online lewat HP



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.