Kompas TV otomotif otonews

Rangka eSAF Motor Honda Bermasalah? Bawa ke Bengkel Resmi, KNKT: Gratis!

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 10:06 WIB
rangka-esaf-motor-honda-bermasalah-bawa-ke-bengkel-resmi-knkt-gratis
Sasis atau rangka eSAF yang dipakai di sejumlah motor matic Honda. (Sumber: Motorplus/Niko)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meminta PT Astra Honda Motor (AHM) membuka pusat pengaduan untuk menampung keluhan konsumen terkait rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang bermasalah.

Sebagai informasi, rangka eSAF merupakan desain struktur bagian depan yang terhubung dengan duduk pengendara pada sepeda motor.

Konsumen dapat menyampaikan keluhan terkait rangka eSAF yang bermasalah pada sepeda motor Honda lewat jalur yang disediakan PT AHM yakni via telepon 1-500-989, email [email protected] atau SMS ke 0811-9-500-989. 

Selain itu, PT AHM akan memperbaiki dan melakukan perawatan pada rangka eSAF yang bermasalah.

Konsumen yang mengalami permasalahan rangka eSAF keropos atau patah pada sepeda motor Honda, diminta untuk melapor ke tempat servis atau bengkel resmi Honda (Astra Honda Authorized Service Station/AHASS) terdekat.

"Di samping itu (menyediakan pusat pengaduan), PT Astra Honda Motor juga akan melakukan perbaikan dan perawatan sesuai kondisi yang diperlukan melalui bengkel resmi AHM terdekat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan selamat," ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Danto Restyawan, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Honda Luncurkan Motor Listrik, Segini Harganya Jika Disubsidi Pemerintah

Layanan Pemeliharaan dan Perawatan Gratis

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan menyebut konsumen bisa mendapatkan layanan pemeliharaan dan perawatan rangka eSAF di bengkel AHASS secara gratis. 

Namun dia menekankan, layanan pemeliharaan dan perawatan ini diberikan tergantung dari hasil pemeriksaan. 

Pasalnya, keluhan pada rangka eSAF tidak selalu diselesaikan dengan mengganti rangka eSAF. 

"Kalau ada konsumen yang mengeluh terkait dengan rangka honda eSAF tadi, bisa menghubungi AHASS terdekat untuk mendapatkan layanan pemeliharaan perawatan sesuai dengan kondisi yang ada. Gratis," ucap Wildan, Senin, dikutip dari Kompas.com

"Nanti kondisinya seperti apa kan belum tentu harus diganti. Jadi harus diperiksa dulu dan sebagainya," kata Wildan.

"Makanya tadi saya sampaikan akan mendapatkan pemeliharaan dan perawatan sebagaimana kondisi yang dibutuhkan. Yang dibutuhkan apa? Kalau memang harus diganti ya diganti, kalau memang hanya diperbaiki, di-maintenance, dan sebagainya, ya di-maintenance," sambungnya. 

Sebagai informasi, keputusan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari pertemuan antara Kemenhub, KNKT, dan PT AHM pada Senin (28/8). 

Rapat ini bertujuan untuk menelusuri akar permasalahan serta meminta penjelasan soal rangka eSAF yang patah dan viral di media sosial. 

Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan terwujudnya kendaraan bermotor yang aman.

Baca Juga: Daftar Motor Honda dengan Rangka eSAF dan Cara Klaim Garansi jika Berkarat dan Rusak


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x