Kompas TV otomotif otonews

Trik Mengunci Setang Motor ke Kanan, Efektifkah Menghalau Maling? Ini Pengakuan Maling Motor

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 13:16 WIB
trik-mengunci-setang-motor-ke-kanan-efektifkah-menghalau-maling-ini-pengakuan-maling-motor
Ilustrasi kunci setang motor ke kanan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Trik populer di kalangan pengendara sepeda motor adalah mengunci setang ke arah kanan untuk menghalangi aksi pencurian. Pengendara percaya bahwa cara ini dapat menyulitkan maling saat mencuri motor mereka. Namun, apakah trik ini benar-benar efektif?

OA (24),  seorang tersangka pelaku pencurian motor, membantah efektivitas trik tersebut. Dia mengatakan bahwa trik itu tidak signifikan menghambat proses maling membobol motor yang terkunci. 

Menurutnya, trik mengunci setang ke kanan tetap membuat maling bisa menjebol anak kunci hingga mesin motor pun bisa dinyalakan.

Baca Juga: Kepergok saat Beraksi, Maling Motor di Jakarta Pusat Babak Belur Dihakimi Warga!

“Tidak ada pengaruhnya sama sekali,” kata OA di Polsek Tambora, Jakarta Barat, belum lama ini.

Satu hal yang mungkin sedikit memengaruhi kesulitan maling adalah, kunci T -- yang digunakan maling untuk menjebol kunci motor -- akan sedikit menyangkut di setang. Tetapi, menurutnya, hal itu tidaklah signifikan. 

"Tapi (motor tetap) hidup juga, sama saja semuanya," tambahnya.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, juga menyatakan bahwa trik ini belum terbukti ampuh menghalau maling. 

"Katanya kalau ke kanan lebih menyulitkan maling, sebenarnya belum terbukti," ungkap Rendra. 

Baca Juga: CCTV Rekam Aksi Pemuda di Manokwari Aniaya Pencuri Motor hingga Tewas

Dia menjelaskan bahwa pengaruh mengunci setang motor ke arah kanan lebih berhubungan dengan ruang gerak maling yang menjadi lebih sempit. 

"Mungkin kalau dari sisi teknis karena dia menggunakan kunci T, yang otomatis membutuhkan ruang gerak. Kalau setang dia belok ke kanan, ruang geraknya menjadi sempit," jelasnya, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.


Dengan setang yang belok ke kanan, tangkai kunci letter T akan menyangkut di setang sehingga memutarnya lebih susah. Namun, ketika setang belok ke kiri, ruang gerak maling menjadi lebih bebas. 

Rendra menegaskan bahwa cara kerja komponen dalam rumah kunci tidak mengalami perbedaan signifikan ketika setang motor diarahkan ke kanan atau kiri.

Baca Juga: Berikut Daftar Model Motor yang Dipakai Ujian Praktik SIM Terbaru

Secara keseluruhan, trik mengunci setang motor ke arah kanan belum terbukti benar-benar efektif dalam menghalau maling. Meskipun dapat memberikan sedikit hambatan tambahan, pencurian motor masih memungkinkan terjadi. 

Oleh karena itu, selain mengandalkan trik ini, pengendara sepeda motor sebaiknya juga mengambil langkah-langkah keamanan lainnya seperti menggunakan gembok motor berkualitas tinggi dan memilih tempat parkir yang aman.

 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x