Kompas TV olahraga sepak bola

Menang Lawan Belanda, Southgate Berusaha Pulihkan Cinta Suporter Inggris di Euro 2024

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 08:31 WIB
menang-lawan-belanda-southgate-berusaha-pulihkan-cinta-suporter-inggris-di-euro-2024
Manajer Inggris Gareth Southgate melakukan selebrasi di penghujung laga semifinal melawan Belanda pada turnamen sepak bola Euro 2024 di Dortmund, Jerman, Rabu, 10 Juli 2024. Inggris memenangkan laga tersebut dengan skor 2-1. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

DORTMUND, KOMPAS.TV - Perjalanan tim nasional Inggris di Euro 2024 penuh dengan dinamika bagi pelatih Gareth Southgate. Pria yang pernah dipuja sebagai pahlawan sepakbola Inggris kini harus menghadapi badai kritik yang seolah tak berujung.

Namun, dengan keberhasilan membawa tim ke final turnamen, Southgate mungkin telah menemukan kunci untuk membuka kembali hati para pendukung setia Inggris.

Southgate, pelatih dengan rekor konsistensi terbaik dalam sejarah timnas Inggris, sempat menjadi sasaran kemarahan suporter.

Bahkan dalam satu pertandingan, ia dilempari gelas plastik oleh fans yang frustrasi. Kritik tajam juga datang dari komentator televisi Inggris yang menganggap gaya permainannya terlalu hati-hati dan kurang agresif.

Namun, semua itu berubah pada Kamis (11/7/2024) malam WIB. Dalam pertandingan semifinal melawan Belanda, Inggris menang dramatis dengan skor 2-1.

Baca Juga: Hasil Euro 2024 Dini Hari Tadi: Inggris ke Final, Hantam Belanda meski Tertinggal Lebih Dulu

Southgate menunjukkan keberanian dengan menerapkan strategi yang lebih terbuka dan menyerang. Keputusannya untuk mengganti kapten Harry Kane terbukti brilian ketika Ollie Watkins, pemain pengganti, mencetak gol kemenangan di masa injury time.

"Kita semua ingin dicintai, bukan?" ujar Southgate dikutip dari AP.

"Ketika Anda melakukan sesuatu untuk negara Anda dan Anda adalah orang Inggris yang bangga, rasanya sulit ketika Anda tidak merasakan dukungan itu kembali dan yang Anda baca hanyalah kritik. Jadi, bisa merayakan final kedua (setelah Euro 2020) sangatlah istimewa."

Kemenangan atas Belanda telah membuka lembaran baru. Southgate kini berada satu langkah lagi menuju trofi pertama Inggris sejak Piala Dunia 1966.

"Satu-satunya alasan saya mengambil pekerjaan ini adalah untuk mencoba membawa kesuksesan bagi Inggris sebagai bangsa dan mencoba meningkatkan sepakbola Inggris. Bisa membawa tim ke final pertamanya di luar negeri, saya sangat bangga dengan itu," ungkapnya.

Baca Juga: PSSI Pastikan Gelar Piala Presiden 2024 Mulai 19 Juli, Hadiah Juara Capai Rp5 Miliar

Menghadapi Spanyol di final nanti, Southgate sadar bahwa tantangan besar menanti. "Kami akan bermain melawan tim terbaik di turnamen ini dan kami memiliki waktu persiapan yang lebih singkat. Ini adalah tugas yang sangat berat. Tapi kami masih di sini dan kami akan terus berjuang."

Inggris akan menghadapi Spanyol pada 15 Juli 2024 mendatang. Pertandingan akan digelar pada 02.00 WIB.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x