Kompas TV olahraga sepak bola

Apakah Bakal Ada Penyambutan Kepulangan Timnas U23 Indonesia? Ini Kata Menpora

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 19:20 WIB
apakah-bakal-ada-penyambutan-kepulangan-timnas-u23-indonesia-ini-kata-menpora
Timnas U23 Indonesia saat berlaga di play-off Olimpiade 2024 di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024). Timnas U23 Indonesia harus mengakui kemenangan Guinea dengan skor 0-1. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI terkait acara penyambutan kepulangan Timnas U23 Indonesia.

Menpora Dito sepakat harus ada apresiasi untuk Garuda Muda, namun jangan terlalu euforia yang berlebihan.

"Itu biasanya akan diserahkan ke federasi," kata Menpora dalam program Kompas Petang, Jumat (10/5/2024).

"Saya setuju, kita apresiasi tapi jangan juga euforia berlebihan. Karena yang paling penting, kita harus menjaga euforianya, semangat dan konsisten sampai pertandingan Kualifikasi Piala Dunia selanjutnya," ujarnya.

Jika dari PSSI memutuskan untuk menggelar acara penyambutan Timnas U23 Indonesia, Dito mengatakan pihak Kemenpora siap untuk ikut memberikan dukungan.

"Jadi ini akan diserahkan ke federasi, pastinya kita akan support," ucapnya.

Seperti diketahui, Timnas U23 Indonesia memang gagal mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Namun, perjuangan Garuda Muda tetap layak mendapatkan apresiasi.

Baca Juga: Erick Thohir ke Ruang Ganti Timnas U-23 Beri Semangat: Jangan Nangis, Fight Lagi!

Tampil sebagai tim debutan dan sama sekali tidak diunggulkan di Piala Asia U23 2024, skuad asuhan Shin Tae-yong mampu menembus babak semifinal.

Dalam perjalanannya, Rizky Ridho dan kawan-kawan mampu mengalahkan tim-tim kuat macam Australia, Yordania, dan Korea Selatan.

Dengan lolos ke empat besar Piala Asia U23, Indonesia selangkah lagi mengamankan tiket lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Sayangnya, dari tiga kesempatan meraih tiket Olimpiade, Timnas U23 Indonesia belum mampu memanfaatkannya usai kalah dari Uzbekistan (semifinal) dan Irak (perebutan juara ketiga) di Piala Asia U23 serta takluk dari Guinea 1-0 di play-off AFC-CAF Olimpiade 2024 Paris.

Alhasil, mimpi untuk kembali berlaga di Olimpiade, di mana sepak bola Indonesia terakhir kali ikut serta pada 1956 di Melbourne, belum akan terwujud tahun ini.

Agenda Timnas Indonesia selanjutnya adalah bertanding di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tim asuhan Shin Tae-yong bakal menghadapi Irak (6 Juni) serta Filipina (11 Juni) di Jakarta dan hanya butuh tiga angka untuk memastikan tiket ke babak selanjutnya. 

Baca Juga: Presiden FIFA Beri Pesan untuk Indonesia Usai Timnas U-23 Kalah dari Guinea


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x