Kompas TV olahraga sports

Pedayung Putra Indonesia La Memo Segel Tiket Olimpiade Paris 2024

Kompas.tv - 22 April 2024, 00:00 WIB
pedayung-putra-indonesia-la-memo-segel-tiket-olimpiade-paris-2024
Pedayung putra Indonesia, La Memo bersiap memacu kecepatannya dalam babak penyisihan nomor Rowing M1X PON Papua di Teluk Youtefa, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021) (Sumber: Kompas.tv/Ant/Nova Wahyudi)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Atlet dayung putra Indonesia, La Memo, berhasil mengamankan tempatnya di Olimpiade Paris 2024 setelah meraih posisi kedua dalam World Rowing Asian & Oceanian Olympic and Paralympic Qualification Regata di Chungju, Korea Selatan, Minggu (21/4/2024). 

Menurut Sekretaris Jenderal Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Edy Suyono, La Memo berhasil masuk final di urutan kedua di nomor men's single sculls. 

Waktu yang dicatat oleh La Memo hanya terpaut tipis, hanya 0,01 detik dari peringkat pertama, Vladislav Yakovlev (Khazakhstan). 

Baca Juga: Resmi, Berikut Daftar Atlet yang Jadi Wakil Indonesia di Olimpiade Paris 2024

"La Memo masuk final urutan kedua setelah Kazakhstan, kemudian India di urutan ketiga. Dan, catatan waktu La Memo hanya terpaut tipis sekali 0,01 detik dari peringkat pertama," ujar Edy Suyono, Minggu (21/4) dikutip dari Antara. 

La Memo finis di urutan kedua dengan catatan waktu 1:43,71 detik, sedangkan atlet dayung Kazakhstan, Vladislav Yakovlev, memperoleh waktu 1:42,78 detik untuk peringkat pertama.

Edy mengatakan tim dayung Indonesia mengirim delapan atlet, tiga pelatih, dan satu staf medis ke ajang kualifikasi Olimpiade di Chungju. Dua di antaranya adalah duet atlet dayung Ardi Isadi dan Kakan Kusmana di nomor men's lightweight double sculls, serta Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri di nomor women's lightweight double sculls.

Baca Juga: Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan Pastikan Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Ardi dan Kakan finis di urutan kelima, Chelsea serta Mutiara, yang meraih perunggu di Asian Games Hangzhou 2023, mengakhiri kompetisi di posisi keenam. 

Ini bukan kali pertama La Memo lolos ke ajang olahraga multievent tingkat dunia.

Pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, dia berhasil mencapai perempat final. Namun, La Memo tidak dapat mengikuti Olimpiade Tokyo 2021 karena kalah dari wakil Indonesia lainnya, yaitu duet Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri, karena aturan kualifikasi yang hanya mengizinkan satu perwakilan.

Tim dayung Indonesia masih memiliki kesempatan terakhir untuk merebut tiket Olimpiade Paris 2024 dalam ajang kualifikasi di Luzern, Swiss, pada 19-21 Mei mendatang.

Baca Juga: Juara IWF 2024, Rizki Juniansyah Segel Tiket Olimpiade Paris 2024 dan Bukukan Rekor Dunia


 

 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x