Kompas TV olahraga sepak bola

HUT PSSI ke-94, Erick Thohir: Tak Mungkin Transformasi Itu Langsung Jalan, Perlu Waktu

Kompas.tv - 19 April 2024, 16:54 WIB
hut-pssi-ke-94-erick-thohir-tak-mungkin-transformasi-itu-langsung-jalan-perlu-waktu
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan transformasi sepak bola Indonesia memerlukan waktu dan proses yang tidak mudah. 

Hal tersebut diungkapkan Erick Thohir dalam acara hari ulang tahun (HUT) PSSI ke-94 di Gedung Danareksa, Jakarta, Jumat (19/4/2024). 

"Seperti saya sudah sampaikan berulang kali, memang kan dalam pembenahan transformasi sepak bola yang dilakukan saya, Waketum Pak Zainudin Amali dan Ibu Ratu Tisha, Sekjen, para Exco, ya tidak mungkin transformasi itu langsung jalan gitu. Kan (semua) itu perlu waktu dan tidak mudah," kata Erick Thohir dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Erick Thohir Sanjung Permainan Timnas U23 Indonesia saat Kalahkan Australia

"Sinkronisasi ke depan kita harus jalankan. Dan bersamaan tahun ini kita akan ada perbaikan sinkronisasi bersama Liga. Bahkan tahun 2027 mendatang (kita siapkan format) itu dari sekarang seperti apa liga dan bagian timnas."

"Memang ada yang bilang kok enggak dipersiapkan dari kemarin? ya namanya juga kita baru bebenah kan enggak semuanya juga langsung bisa dilakukan seperti kita membalikkan tangan gitu. Ini kan perlu ada persiapan segala," ujar Erick.

Sepanjang setahun kepemimpinan Erick Thohir, Timnas Indonesia menunjukkan perkembangan ke arah positif. 

Timnas Indonesia berhasil untuk pertama kalinya lolos dari fase grup Piala Asia. Selain itu, Timnas U23 juga mampu lolos ke Piala Asia U23 untuk pertama kalinya. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Janji Tambal Kekurangan Timnas U23 Jelang Lawan Yordania

Adapun, Timnas Indonesia senior juga masih berjuang di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Untuk sementara Indonesia masih berkompetisi di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Garuda berada di peringkat kedua klasemen dengan koleksi 7 poin dari 4 laga. 

Apabila mampu meraih kemenangan dalam dua laga sisa melawan Irak (kandang) dan Filipina (kandang), Garuda bakal dipastikan melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x