Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas U23 Indonesia Jaga Asa Lolos ke Olimpiade Paris, KOI: Perjuangan Belum Berakhir

Kompas.tv - 19 April 2024, 19:20 WIB
timnas-u23-indonesia-jaga-asa-lolos-ke-olimpiade-paris-koi-perjuangan-belum-berakhir
Pemain Timnas U23 Indonesia, Komang Teguh (tengah), mencetak gol tunggal dalam kemenangan Indonesia atas Australia di ajang Piala Asia U23 2024, Kamis (19/4/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U23 Indonesia menjaga asa lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah mampu memenangi matchday 2 Piala Asia U23 2024 kontra Australia U23, Kamis (18/4/2024) malam. 

Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar tersebut, Garuda Muda menang 1-0 lewat gol tunggal Komang Teguh (45'). 

Tambahan tiga poin membuat Indonesia naik ke peringkat kedua klasemen Grup A.

Garuda tertinggal 3 poin dari Qatar yang sudah memastikan lolos ke perempat final dan unggul dua angka dari penghuni posisi ketiga dan keempat, Yordania dan Australia. 

Baca Juga: Ernando Ari Disorot Tony Vidmar, Tepisan Penaltinya Disebut Momen Penentu Kekalahan Australia

“Alhamdulillah Timnas Indonesia U-23 mendapatkan kemenangan yang sangat penting atas Australia," kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Jumat (19/4/2024), dikutip dari Antara. 

"Tentu ini membuat harapan untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 masih terjaga dari cabang sepak bola,” sambung Okto. 

Untuk memastikan diri lolos ke perempat final Piala Asia U23 2024, Indonesia harus meraih kemenangan atas Yordania dalam laga pemungkas Grup A yang bergulir pada Minggu (21/4) mendatang. 

Baca Juga: Resmi, Berikut Daftar Atlet yang Jadi Wakil Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Seperti diketahui, tiga tim terbaik di Piala Asia U23 2024 bakal mendapatkan tiket bermain di Olimpiade Paris 2024. Adapun peringkat keempat harus melakoni playoff. 

Artinya, Timnas U23 minimal harus mampu melangkah sampai babak semifinal untuk mewujudkan sejarah tampil di Olimpiade musim panas. 

Sepanjang sejarah, timnas sepak bola Indonesia baru pernah satu kali lolos ke Olimpiade, tepatnya pada 1956 di Melbourne, Australia.

Saat itu, Garuda arahan Yony Pogacknik mampu menembus perempat final Olimpiade. 

“Semua harus tetap semangat, jaga fokus karena perjuangan belum berakhir. Masih ada pertandingan melawan Yordania," kata Okto.

"Kesempatan masih terbuka lebar buat Timnas Indonesia U23 mencetak sejarah lolos ke Olimpiade Paris 2024,” tambahnya.


 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x