Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Nilai Ivar Jenner Tidak Layak Diberi Kartu Merah

Kompas.tv - 16 April 2024, 10:55 WIB
erick-thohir-nilai-ivar-jenner-tidak-layak-diberi-kartu-merah
Gelandang Timnas U23 Indonesia, Ivar Jenner, tampil dalam pertandingan melawan Qatar di ajang Piala Asia U23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (15/4/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai Ivar Jenner tidak layak diberi kartu merah oleh wasit dalam pertandingan Timnas U23 Indonesia vs Qatar di ajang Piala Asia U23 2024, Senin (15/4/2024).

Atas sejumlah keputusan wasit dalam pertandingan tersebut yang dinilai kontroversial, Erick pun menegaskan PSSI akan melayangkan protes kepada pihak Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

"Kita PSSI akan layangkan surat protes. Karena ada beberapa tadi, kartu merah Ivar, mestinya tidak kartu merah. Kita protes," kata Erick di Doha, Qatar, seperti dilansir laman resmi PSSI, Selasa (16/4/2024).

Menurutnya, sebagai federasi sepak bola, PSSI sah untuk melayangkan protes karena banyak keputusan wasit yang dianggap merugikan Timnas U23 Indonesia.

"Kita sebagai federasi akan melayangkan protes terkait performa wasit. Kalian lihat seluruh rakyat Indonesia, netizen sosial media, semua sama kita. Karena mereka tahu, ini bukan game yang fair (adil). Tapi kita masih punya dua game. Kita fight di atas lapangan," tutur Erick.

Meski merasa dirugikan wasit dan harus menelan kekalahan 2-0 dari Qatar di laga perdana Piala Asia U23 2024, Erick berharap para pemain Indonesia tidak terpengaruh dengan hal tersebut.

Ia pun meminta Marselino Ferdinan dan kawan-kawan untuk tampil habis-habisan di dua laga sisa Grup A Piala Asia U23 2024 melawan Australia dan Yordania.

Baca Juga: Profil Nasrullo Kabirov, Wasit FIFA asal Tajikistan yang Pimpin Laga Timnas Indonesia U23 vs Qatar

"Jangan sampai game ini merusak fokus kalian. Kita belum selesai, masih ada dua game. Kita harus fight. Itulah kita," kata Erick kepada para pemain.

"Tadi kalian main bersembilan, fight. Bersebelas harus bisa lebih fight. Masih ada dua game. Pada prinsipnya ini bukan akhir, kita masih punya dua game. Kita harus melawan balik," ucapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Garuda Muda menelan kekalahan 2-0 dari tuan rumah Qatar di laga perdana Grup A Piala Asia U23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin malam.

Gol dari Khaled Ali dan Ahmed Al Rawi cukup untuk membuat tim asuhan Ilidio Vale itu merebut tiga poin dari Indonesia.

Namun laga tersebut menjadi sorotan karena banyak keputusan wasit Nasrullo Kabirov dan wasit video assistant referee (VAR) Sivakorn Pu-Udom yang dinilai merugikan Indonesia.

Hasil kekalahan di laga perdana Grup A Piala Asia U23 2024 itu membuat posisi Indonesia sulit untuk lolos ke babak knockout.

Timnas U23 Indonesia pun wajib menang saat melawan Australia pada 18 April dan Yordania pada 21 April jika ingin lolos dari penyisihan grup.

Baca Juga: Kecewa dengan Kepemimpinan Wasit, Erick Thohir: PSSI akan Layangkan Surat Protes
 


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x