Kompas TV olahraga sepak bola

AFF Gelar Turnamen Antarklub Asia Tenggara Tahun Ini, Shopee Cup

Kompas.tv - 5 April 2024, 01:45 WIB
aff-gelar-turnamen-antarklub-asia-tenggara-tahun-ini-shopee-cup
Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menggandeng Shopee sebagai mitra untuk menggelar turnamen antarklub Asia Tenggara perdana yang diberi nama Piala Shopee atau Shopee Cup. (Sumber: aseanfootball.org)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menggandeng Shopee sebagai mitra untuk menggelar turnamen antarklub Asia Tenggara perdana yang diberi nama Piala Shopee atau Shopee Cup.

Kolaborasi ini juga disepakati oleh mitra komersial eksklusif AFF, SPORTFIVE, yang  berperan sebagai Mitra Presentasi untuk Kejuaraan ASEAN lainnya di bawah payung AFF. 

Piala Shopee menandai tonggak penting sebagai kompetisi klub regional utama Asia Tenggara yang diharapkan bisa membangkitkan semangat sepak bola di salah satu pasar konsumen terbesar di dunia dan wilayah asal Shopee.

Piala Shopee ini akan mengadopsi format liga yang mencakup babak play-off kualifikasi dan babak grup.

14 klub terbaik Asia Tenggara akan memainkan total 40 pertandingan dengan jadwal seperti kalender Eropa. Piala Shopee rencananya dimulai pada 17 Juli tahun ini dan berlangsung hingga 21 Mei 2025.

Zhou Jun Jie, Chief Commercial Officer di Shopee, menyatakan kegembiraannya tentang kemitraan ini, menyoroti kesempatan untuk berinteraksi dengan penggemar di seluruh wilayah dan terhubung dengan demografi muda secara menghibur. 

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Federasi Sepak Bola ASEAN sebagai sponsor utama dari acara perdana Shopee Cup. Shopee Cup memberikan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi dengan demografi kaum muda. Melalui ini, kami berharap dapat memperkenalkan merek Shopee kepada khalayak baru dan tetap berhubungan dengan pembeli yang sudah ada, dengan cara yang menghibur dan menyenangkan," kata Zhou dikutip dari laman resmi AFF, Kamis (4/4/2024).

Sementara itu, Mayor Jenderal Khiev Sameth, Presiden AFF, memuji kolaborasi ini sebagai langkah monumental ke depan untuk sepak bola ASEAN. 

Baca Juga: Ramadhan Sananta Bertekad Berikan yang Terbaik untuk Timnas Indonesia U23

"Hari ini menandai tonggak bersejarah dalam sepak bola ASEAN. Shopee Cup akan berperan penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi sepakbola di kawasan ini. Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia," ucapnya.

“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Shopee, perusahaan lokal ASEAN yang terkenal secara global dan mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah seiring kita membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN," kata Khiev.

Seamus O'Brien, Presiden dan Ketua Dewan di SPORTFIVE Asia, menekankan sifat transformatif dari kemitraan ini. 

Dengan kenaikan ASEAN sebagai ekonomi terbesar kelima di dunia dan semangat yang tak kenal lelah dari penggemar sepak bola, Piala Shopee dijanjikan bisa untuk memikat audiens di seluruh ASEAN.

"Bagi SPORTFIVE, yang telah menjadi pusat dari banyak pencapaian penting bagi sepak bola Asia selama 30 tahun terakhir, kemitraan dengan Shopee ini merupakan yang paling transformatif dari semuanya," kata O'Brien.

"Dengan bangkitnya ASEAN menjadi negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia dalam beberapa dekade terakhir, dipadukan dengan semangat abadi para penggemar sepak bola ASEAN, yang kini semuanya terikat bersama dalam lanskap digital kontemporer, menjadikan hal ini sebagai peristiwa yang sangat penting bagi olahraga ini."

“Kami berharap dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan kami di AFF dan mitra kami di Shopee untuk membawa acara ini ke hati dan pikiran konsumen dan penggemar di seluruh ASEAN,” ujarnya. 

Baca Juga: Klarifikasi Erspo Terkait Keterlibatan Ranggaz sebagai Investor Jersey Timnas Indonesia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x