Kompas TV olahraga sepak bola

Indra Sjafri Tak Mau Buru-Buru Proses Naturalisasi Chow Yun Damanik, Ini Alasannya

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 18:05 WIB
indra-sjafri-tak-mau-buru-buru-proses-naturalisasi-chow-yun-damanik-ini-alasannya
Pelatih Timnas Indonesia U20, Indra Sjafri saat diwawancarai di Lapangan B GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (27/3/2024). (Sumber: Tribunnews/Abdul Majid)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia U20 Indra Sjafri tak mau buru-buru terkait keputusan proses naturalisasi Chow Yun Damanik.

Chow Yun Damanik merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Lausanne, Swiss. Saat ini, dia tercatat sebagai warga negara Swiss.

Meski begitu, Chow Yun Damanik bertekad untuk membela Timnas Indonesia. Ia pun dipanggil Indra Sjafri untuk mengikuti pertandingan laga uji coba antara Timnas U20 melawan China U20 dan sempat diberi kesempatan bermain.

Dengan status kewarganegaraannya, agar bisa membela Timnas Indonesia, Chow harus menjalani proses naturalisasi.

Terkait hal tersebut, Indra Sjafri tak mau buru-buru merekomendasikan Chow Yun Damanik untuk dinaturalisasi.

"Jadi untuk pemain-pemain yang akan dinaturalisasi tentu sesuai dengan arahan dari PSSI. Pertama, memungkinkan untuk dinaturalisasi karena ada perbedaan ya, naturalisasi pemain di bawah 20 tahun dengan naturalisasi dengan pemain yang sudah senior. Itu yang pertama,"  kata Indra di Lapangan B GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (27/3/2024) dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Hasil Timnas Indonesia vs China di Laga Uji Coba: Garuda Muda Ditahan Imbang 1-1

"Kedua, tentu kita lihat kualitas sesuai dengan regulasi, tim nasional U20 itu kelahiran 2005, 2006, 2007. Kita akan prioritas, negara mana pun pasti dia prioritas umur tertuanya dia kita prioritas 2005, 2006, dan baru terakhir 2007," lanjutnya sambil mengimbuhkan, "Chow ini kelahirannya 2007."

Meski Indra sudah melihat permainan Chow Yun Damanik, keputusan lanjut naturalisasi atau tidak bakal diumumkan setelah melalui beberapa pengecekan. Salah satunya tes fisik atau kesehatan.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI tersebut memastikan, syarat mutlak pemain-pemain yang bakal dinaturalisasi yakni harus mempunyai kemampuan di atas rata-rata.

"Melihat penampilan dia kemarin lawan Frankfurt di Jerman, saya juga ikut, dan kita melihat 60 menit kemarin penampilannya. Kita belum putuskan apakah saya sebagai pelatih akan mengusulkan ke PSSI untuk dilakukan proses selanjutnya," tutur Indra Sjafri.

"Nanti semua parameter tesnya kita ambil dan tadi mereka sudah lakukan ada tes fisik dan lain sebagainya, dan juga tes kesehatan."

"Kalau memang nanti kesimpulan kami dia memang kualitasnya bagus, melebihi dari kualitas-kualitas pemain-pemain kita, kenapa tidak? Karena memang itu sudah menjadi hak dia karena dia keturunan walaupun secara administrasi masih paspor Swiss," pungkasnya. 

Baca Juga: Timnas Indonesia U20 Nyaris Kalah dari China, Indra Sjafri Soroti Performa Timnya


 

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x