Kompas TV olahraga badminton

Hasil Final Swiss Open 2024: Gregoria Ditekuk Wakil Spanyol, Indonesia Cuma dapat 1 Gelar

Kompas.tv - 24 Maret 2024, 23:24 WIB
hasil-final-swiss-open-2024-gregoria-ditekuk-wakil-spanyol-indonesia-cuma-dapat-1-gelar
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung saat berlaga di babak perempat final All England Open 2024 di Birmingham, Inggris, Jumat (15/3/2024). Gregoria gagal mempersembahkan dua gelar bagi Indonesia di Swiss Open 2024 karena di final ia kalah dari wakil Spanyol, Carolina Marin, Minggu (24/3) WIB. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO/PP PBSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

BASEL, KOMPAS.TV - Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung gagal meraih gelar di Swiss Open 2024 usai dikalahkan wakil Spanyol Carolona Marin. Indonesia pun harus puas dengan satu gelar saja di nomor ganda putri.

Bertanding di ST Jakobshalle, Bassel, Switzeeland, Minggu (24/3) malam WIB, Grego (sapaan akrabnya-red) kalah lewat tiga gim dengan skor 21-19, 13-21, dan 22-20. 

Gim pertama, Gregoria memulai dengan keunggulan 4-0, namun Marin dengan cepat mendekatkan skor menjadi 1-4. Gregoria tidak kehilangan momentum, kembali menjauh dengan skor 5-1. 

Namun, Marin tidak menyerah begitu saja, dan berhasil mengejar dengan skor 3-5. Reli panjang terjadi, tetapi Gregoria tetap memimpin dengan 9-5.

Marin memperlihatkan ketangguhan dengan mengejar ketinggalan hingga menyamakan skor menjadi 14-14 dan akhirnya memenangkan gim pertama dengan skor 21-19.

Pada gim kedua, Gregoria mencetak angka lebih dulu dengan skor 2-0, tidak lama Marin segera menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Marin kemudian berhasil mengambil alih kendali permainan dengan mencatatkan enam angka berturut-turut, memimpin dengan skor 6-3. 

Gregoria tidak menyerah begitu saja, ia berhasil mengejar dan bahkan unggul dengan 8-6. Marin terus mengejar, namun Gregoria berhasil mempertahankan keunggulan hingga interval dengan skor 11-8. 

Baca Juga: Laga Sempat Ditunda Semalaman, Jannik Sinner Akhirnya Lolos Ke Babak Ketiga Miami Open

Setelah interval, Marin kembali menunjukkan ketangguhan dengan mengejar ketinggalan hingga menyamakan skor menjadi 14-14. Namun, Gregoria tetap tenang dan akhirnya memenangkan gim kedua dengan skor 13-21.

Saat memasuki gim penentuan, kedua pemain bergantian mencetak angka, namun Gregoria mampu mengambil keunggulan dengan skor 10-4 setelah reli panjang. 

Marin berusaha keras mengejar ketinggalan, namun Gregoria tetap menjaga keunggulan hingga interval dengan skor 11-6. Setelah interval, Marin kembali menunjukkan performa terbaiknya dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 11-11. 

Pertandingan semakin sengit dengan kedua pemain bergantian mencetak poin, namun Marin akhirnya berhasil memenangkan adu setting dengan skor 22-20 dan meraih gelar juara. Gregoria Mariska pun harus puas sebagai runner-up.

Posisi runner-up sebelumnya juga hanya didapat Indonesia dari pasangan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Pasangan ini kalah dari ganda putra Inggris Ben Lane/Sean Vendy (Inggris).

Untungnya, Indonesia masih punya Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto. Ganda putri ini mempersembahkan satu-satunya gelar juara bagi Indonesia di Swiss Open 2024 setelah di final petang tadi mengalahkan pasangan asal Taiwan Hsu Ya Ching/Lin Wan Ching.

Jadwal Final Swiss Open 2024 hari ini:

  • Ganda Putra: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (kalah) vs Ben Lane/Sean Vendy (Inggris)
  • Ganda Putri: Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (menang) vs Hsu Ya Ching/Lin Wan Ching (Taiwan)
  • Tunggal Putra: Lin Chun-Yi (Taiwan) vs Chou Tien Chen (Taiwan)
  • Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung (kalah) vs Carolina Marin (Spanyol)
  • Ganda Campuran: Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (Malaysia) vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie (Malaysia)

Baca Juga: Hasil Final Swiss Open 2024: Lanny/Ribka Menang, Indonesia Juara!


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x