Kompas TV olahraga sepak bola

Borneo FC dan Persija Enggan Lepas Pemain ke Timnas untuk Piala Asia U23, Begini Kata Erick Thohir

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 14:53 WIB
borneo-fc-dan-persija-enggan-lepas-pemain-ke-timnas-untuk-piala-asia-u23-begini-kata-erick-thohir
Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara soal dua klub Liga 1, Persija Jakarta dan Borneo FC, yang enggan melepas pemain mereka ke timnas U23 Indonesia. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah buka suara soal dua klub Liga 1, Persija Jakarta dan Borneo FC, yang enggan melepas pemain mereka ke Timnas U23 Indonesia.

Melansir Tribunnews, Senin (19/2/2024), pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, dan Manajer Borneo FC, Dandri Dauri, telah menegaskan bahwa mereka membutuhkan semua pemain mereka untuk mencapai target mereka di Liga 1.

Timnas U23 Indonesia arahan Shin Tae-yong akan berpartisipasi dalam Piala Asia U23 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Erick Thohir berpendapat bahwa klub-klub harus bersikap bijak dan memprioritaskan timnas Indonesia.

Baca Juga: PT LIB Sebut Klub Bisa Rugi Rp100 Miliar jika Liga 1 Libur saat Piala Asia U23 2024

Erick yakin bahwa jika semua pihak bersedia untuk memprioritaskan timnas Indonesia, maka akan ada solusi yang dapat ditemukan.

“Saya yakin ada jalan, bahwa pasti semua baik-baik saja. Jika semua legawa, mau memprioritaskan Merah Putih, pasti kami akan bicara,” kata Erick Thohir, Selasa (20/2/2024) dikutip dari Kompas.com.

“Tentu, ketika ada klub yang mendukung tim nasional, fleksibilitas liga bakal kami bicarakan karena tak mungkin liga besar tanpa tim nasional,” imbuhnya.

Erick Thohir percaya bahwa prestasi Timnas U23 Indonesia akan memberikan dampak positif bagi Liga 1. 

Baca Juga: Hadapi Piala Asia U23, PSSI Berencana Gelar Pemusatan Latihan dan Ujicoba di Timur Tengah

“Hari ini tim nasional yang banyak mendapatkan sorotan, ketika timnas mendapatkan pengakuan, liga pasti naik kelas," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini.

Sebagai informasi, gelaran Piala Asia U23 2024 tidak masuk ke dalam kalender FIFA. Terlebih, saat turnamen tersebut mulai bergulir, Liga 1 2023-24 akan memasuki pekan-pekan krusial, tepatnya empat pekan terakhir musim reguler.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus juga menegaskan Liga 1 2023-24 tidak akan diliburkan kala Piala Asia U23 2024 bergulir. 


 

Ferry Paulus memaparkan, jika Liga 1 libur, klub-klub bisa mengalami kerugian finansial hingga mencapai Rp100 miliar. 

"Kalau dari liga (PT LIB) tidak masalah (Liga 1 diliburkan), bukan karena kami banyak uang. Tapi ada konsekuensi untuk menambah biaya kompetisi setidaknya satu bulan," kata Ferry, Kamis (8/2/2024).



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x