Kompas TV olahraga sepak bola

Tekuk Nigeria di Final Afrika 2023, Pantai Gading Raih Gelar Juara untuk Ketiga Kalinya

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 09:33 WIB
tekuk-nigeria-di-final-afrika-2023-pantai-gading-raih-gelar-juara-untuk-ketiga-kalinya
Final Piala Afrika 2023 yang mempertemukan Nigeria dan Pantai Gading di Stadion Olympique Alassane Ouattara, Senin (12/2/2024) Dini Hari WIB. (Sumber: Instagram@afcon_online)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pantai Gading meraih gelar juara Piala Afrika untuk ketiga kalinya setelah mengalahkan Nigeria 1-2 dalam laga final yang berlangsung di Stadion Olympique Alassane Quattara, Abidjan, Pantai Gading, Senin (12/2) dini hari.

Dengan kemenangan ini, Pantai Gading menambah koleksi gelar juara pada kompetisi sepak bola tertinggi di Benua Afrika menjadi tiga kali, setelah sebelumnya meraih gelar pada tahun 1992 dan 2015.

Pertandingan final Piala Afrika 2023 dimulai dengan kedua tim saling mengadu strategi untuk menembus pertahanan lawan dan menciptakan peluang mencetak gol.

Nigeria berhasil membuka keunggulan pada menit ke-38 melalui sundulan bek tengah William Troost-Ekong dari tendangan sudut.

Meskipun Nigeria unggul di babak pertama, Pantai Gading meningkatkan tekanan mereka di paruh kedua pertandingan. Pada menit ke-50, Pantai Gading hampir mencetak gol melalui tembakan Gradel yang masih bisa dihalau oleh bek Calvin Bassey.

Baca Juga: Menang 1-2 atas Aston Villa, Dua Pemain Manchester United Cetak Rekor

Pada momen kontroversial, pemain Pantai Gading memprotes ketika Gradel dilanggar di dalam kotak penalti, namun wasit tidak memberikan penalti.

Peluang emas kembali tercipta saat sundulan Kessie ditepis oleh kiper Nigeria, Nwabili.

Pantai Gading akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Franck Kessie yang memanfaatkan tendangan sudut pada menit ke-62.

Setelah gol tersebut, Pantai Gading semakin gencar menyerang. Keunggulan akhirnya berpindah ke pihak Pantai Gading setelah Sebastien Haller mencetak gol pada menit ke-81, memanfaatkan umpan dari Adingra.

Meskipun Nigeria berusaha keras untuk menyamakan kedudukan, Pantai Gading berhasil mempertahankan keunggulan mereka hingga akhir pertandingan, meski tambahan waktu sekitar 7 menit dimainkan oleh wasit.

Hasil Pertandingan

Nigeria 1-2 Pantai Gading (William Troost-Ekong 38'; Franck Kessie 62', Sebastien Haller 81')

Baca Juga: Hadapi Piala Asia U23, PSSI Berencana Gelar Pemusatan Latihan dan Ujicoba di Timur Tengah


 



Sumber : Kompas TV, BolaSport


BERITA LAINNYA



Close Ads x