Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Akui Dapat Tawaran Melatih Negara Lain, Dinilai Sukses Melatih Timnas Indonesia

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 13:48 WIB
shin-tae-yong-akui-dapat-tawaran-melatih-negara-lain-dinilai-sukses-melatih-timnas-indonesia
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memperhatikan timnya kalah dari Australia 0-4 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024), pada babak 16 besar Piala Asia 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

DOHA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan bahwa dia mendapatkan tawaran melatih di negara lain setelah kesuksesan di Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, pelatih asal Korea Selatan itu dinilai berhasil membawa Timnas Indonesia lolos untuk pertama kalinya di fase knockout Piala Asia 2023.

Meski kalah 3-1 dari Irak dan Jepang, bekal kemenangan 1-0 dari Vietnam cukup membawa skuad Garuda lolos ke 16 besar melalui salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Namun pada akhirnya, langkah Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan terhenti di 16 besar setelah harus mengakui keunggulan Australia dengan skor 4-0.

Berkat prestasinya bersama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui bahwa dia mendapatkan tawaran untuk melatih di negara lain.

"Saya mendapat tawaran itu sekitar seminggu yang lalu," kata STY kepada media Korea, Sports Kyunghyang, Selasa (30/1/2024).

Ketika ditanya apakah tawaran berasal dari negara-negara di wilayah Asia Tenggara seperti Vietnam di mana permintaan untuk mengganti pelatih muncul, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa tawaran berasal dari negara lain di luar wilayah Asia Tenggara.

Ia juga menambahkan, setelah meninggalkan Indonesia, dirinya tidak akan melatih lagi di Asia Tenggara.

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia usai Piala Asia 2023, Naik atau Turun?

"Saya tidak boleh menjadi pelatih di Asia Tenggara lagi," ucapnya.

Meski mendapatkan tawaran dari negara lain, Shin Tae-yong masih menegaskan komitmennya untuk tetap bersama Timnas Indonesia hingga Juni 2024 mendatang. Selain itu terbuka pula untuk memperpanjang kontraknya bersama Garuda.

Sebelumnya, kontrak STY berakhir pada Desember 2023 namun PSSI memutuskan untuk memperpanjangnya hingga Juni 2024.


 

"Ada pembicaraan tentang perpanjangan kontrak, saya juga bisa membayar denda dan pergi ke tempat lain, tetapi saya akan memenuhi janji untuk memperpanjang kontrak dengan Indonesia hingga Juni," ungkapnya.

Setelah berlaga di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong selanjutnya akan bertugas di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia sudah ditunggu dua pertandingan yakni kandang dan tandang melawan Vietnam di bulan Maret 2024.

Selanjutnya, Shin Tae-yong giliran bersama Timnas Indonesia U23 yang akan berlaga di Piala Asia U23 2024 pada April-Mei.

Terakhir, Timnas Indonesia akan menyelesaikan dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di kandang dengan melawan Irak dan Filipina. 

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia usai Piala Asia 2023, Naik atau Turun?



Sumber : Sports Kyunghyang

BERITA LAINNYA



Close Ads x