Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia vs Australia Malam Ini, Garuda Memburu Keajaiban

Kompas.tv - 28 Januari 2024, 17:55 WIB
timnas-indonesia-vs-australia-malam-ini-garuda-memburu-keajaiban
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia jelang laga grup D Piala Asia 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Deni Muliya

DOHA, KOMPAS.TV - Duel 16 besar Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia vs Australia akan berlangsung di Stadion Jassim bin Hamed, Qatar, Minggu (28/1/2024) malam ini pukul 18.30 WIB. 

Ini adalah pertandingan bersejarah bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, ini adalah kali pertama Tim Garuda tampil di fase knock out Piala Asia. 

Sepanjang fase penyisihan grup, Indonesia tampil membanggakan.

Marselino Ferdinan dan kolega mampu mengumpulkan 3 poin, selalu mencetak gol di tiga pertandingan, dan menjadi satu-satunya tim di Grup D (Irak, Jepang, Vietnam) yang sukses mencatat clean sheet. 

Padahal, Indonesia mengawali turnamen ini sebagai salah satu tim dengan ranking FIFA terendah (146).

Hanya Hong Kong (150), tim yang punya ranking FIFA lebih rendah daripada Indonesia. 

Baca Juga: Lawan Australia, Shin Tae-yong Optimis Timnas Indonesia Akan Beri Kejutan

Misi Indonesia untuk terus bertahan di Piala Asia 2023 bakal sulit. Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong harus menghadapi salah satu favorit juara, Australia. 

Di atas kertas, Australia jauh lebih diunggulkan untuk melaju ke perempat final. Untuk sementara, Socceroos berada di ranking 25 FIFA. 

Walau demikian, Shin Tae-yong berharap keberuntungan berpihak kepada Timnas Indonesia. 

Pelatih asal Korea Selatan itu menjanjikan skuad Garuda bakal berjuang habis-habisan selama 90 menit lebih pertandingan. 

"Meskipun saya akan sangat senang jika keajaiban lain datang kepada saya dan Indonesia. Namun, jelas ini tidak mudah," ucap Shin Tae-yong, Sabtu (27/1) dalam konferensi pers jelang laga. 

Baca Juga: Timnas Australia Langsung Dikritik Media Lokal Mereka: Kalah dari Indonesia Bakal jadi Bencana

"Kendati lawan sangat tangguh, kami akan bermain dengan mentalitas kuat. Kami tak pernah menyerah dan akan fokus pada pertandingan," tuturnya.

"Jadi, sampai wasit meniup peluit setelah lebih dari 90 menit, kami tak akan menyesal dan akan melakukan yang terbaik," ucap Shin Tae-yong.



Sumber : Kompas TV/AFC


BERITA LAINNYA



Close Ads x