Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023!

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 00:13 WIB
indonesia-lolos-ke-babak-16-besar-piala-asia-2023
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yongh memperhatikan timnya kalah dari Jepang 1-3 di Stadion Al-Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

DOHA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Hasil itu dikonfirmasi usai Kirgizstan menahan imbang Oman 1-1 dan Bahrain mengalahkan Yordania dengan skor 0-1 pada Kamis (25/1/2024) malam.

Hasil Kirgizstan 1-1 Oman membuat Timnas Indonesia berhak lolos ke fase gugur sebagai peringkat ketiga terbaik urutan keempat. Hasil itu membuat Oman finis dengan dua poin, terpaut satu angka dari Merah Putih.

Sementara kemenangan Bahrain atas Yordania memastikan posisi peringkat terbaik dari Grup E lebih unggul dibanding Indonesia.

Bahrain finis sebagai pemuncak klasemen Grup E dengan enam poin. Sedangkan Yordania finis di peringkat ketiga dengan empat poin.

Terdapat empat tim peringkat ketiga terbaik yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yaitu Yordania, Palestina, Suriah, dan Indonesia.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Pelatih Jepang Sebut Timnas Indonesia Berkembang Pesat Bersama Shin Tae-yong

Di pertandingan pemungkas Grup F, Oman sempat unggul dari Kirgizstan berkat gol Al Ghassani pada awal laga.

Meskipun demikian, striker Joel Kojo mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-80 sekaligus memastikan Indonesia lolos.

Di tempat terpisah, Malaysia secara heroik menahan imbang Korea Selatan 3-3 dalam pertandingan pemungkas Grup E lain. Sedangkan di Grup F, Thailand menahan imbang Arab Saudi 0-0.

Sebelum pertandingan terakhir fase grup Piala Asia 2023, Indonesia butuh Bahrain kalah minimal 2-0 dari Yordania atau Kirgizstan imbang atau menang tipis atas Oman.

Di tabel klasemen peringkat terbaik, Indonesia mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol -3, hasil memasukkan tiga gol dan kebobolan enam. Catatan ini lebih baik daripada China dan Oman yang tereliminasi. 

Anak asuh Shin Tae-yong pun akan menghadapi Australia di babak 16 besar. Pertandingan Indonesia vs Australia dijadwalkan di Stadion Al Rayyan, Qatar, pada 28 Januari 2024.

Baca Juga: Daftar Tim Lolos 16 Besar Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Berharap Keajaiban


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x