Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil Jepang vs Indonesia 3-1: Sandy Walsh Cetak Gol Hiburan, Peluang Skuad Garuda Lolos Tipis

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 20:34 WIB
hasil-jepang-vs-indonesia-3-1-sandy-walsh-cetak-gol-hiburan-peluang-skuad-garuda-lolos-tipis
Aksi Ernando Ari Sutaryadi melompat menghalau bola dalam pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs Indonesia di Stadion Al Thumama, Qatar, Rabu (24/1/2024). (Sumber: Thanassis Stavrakis/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Hasil pertandingan antara Timnas Jepang vs Timnas Indonesia dalam laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 adalah 3-1 untuk kemenangan Samurai Biru. Hasil ini membuat peluang lolos Timnas Indonesia ke fase gugur Piala Asia 2023 cukup tipis.

Jepang sukses menaklukkan Indonesia melalui dwigol Ayase Ueda pada awal babak pertama dan awal babak kedua.

Anak asuh Hajime Moriyasu langsung menekan begitu babak pertama dimulai. Pada menit keempat, Jepang mendapatkan penalti usai Jordi Amat melanggar Ayase Ueda di kotak terlarang.

Ueda pun sukses  mengirim tembakan keras ke sudut kanan gawang yang tidak mampu dihalau kiper Garuda, Ernando Ari.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Pada babak pertama, Jepang mengepung Indonesia dan anak asuh Shin Tae-yong gagal melesakkan tembakan ke gawang lawan.

Kendati sudah unggul, Jepang enggan mengendurkan tekanan pada babak kedua. Hasilnya, pada menit 52, tim Samurai Biru sukses menggandakan keunggulan melalui sontekan Ueda memanfaatkan umpang silang Ritsu Doan.

Pada menit 63, Jepang kembali mengancam dari sayap kiri. Yuta Nakayama merangsek ke kotak penalti dan melepaskan umpan silang. Untungnya, sundulan Ritsu Doan masih dapat diblok oleh Justin Hubner.

Shin Tae-yong mencoba membuat perubahan dengan memasukkan Elkan Baggott sebagai striker pada menit 73. Bek Ipswich Town itu dimasukkan mengganti Egy Maulana Vikri.

Meskipun demikian, skuad Merah Putih masih kesulitan memberi ancaman berarti ke gawang Samurai Biru.

Pada menit 88, Jepang justru mampu memperbesar keunggulan. Serangan cepat Jepang yang dimotori Junya Ito memaksa Justin Hubner melesakkan gol bunuh diri. Bek Wolverhampton Wanderers itu membelokkan bola ke gawang sendiri saat berupaya menghalau sepakan Ayase Ueda.

Jelang pertandingan berakhir, Indonesia mampu melesakkan satu gol melalui sontekan Sandy Walsh. Walsh mendapatkan bola di kotak penalti usai lemaparan jauh Pratama Arhan gagal disapu Jepang.

Pertandingan Jepang vs Indonesia pun berkesudahan dengan skor 3-1.

Kekalahan dari Jepang membuat peluang Timnas Indonesia lolos ke fase gugur semakin tipis. Timnas Indonesia mesti menggantungkan nasib dalam pertandingan di grup lainnya yakni Yordania vs Bahrain dan Kirgizstan vs Oman yang baru digelar besok, Kamis (25/1).

Di klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023, Indonesia baru dipastikan unggul atas China yang finis dengan dua poin.

Susunan Pemain Timnas Jepang vs Indonesia

Timnas Indonesia: Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Yakob Sayori, Rafael Struick, Egy Maulana Vikir.

Timnas Jepang: Zion Suzuki, Wataru Endo, Ayase Ueda, Ritsu Doan, Keito Nakamura, Koki Machida, Seiya Maikuma, Reo Hatate, Yuta Nakayama, Takefusa Kubo, Takehiro Tomiyasu.

Baca Juga: Kans Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023 Tipis, PSSI Enggan Pesimistis


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x