Kompas TV olahraga sepak bola

AFC Sorot Duel Derbi Asia Tenggara Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023

Kompas.tv - 18 Januari 2024, 12:00 WIB
afc-sorot-duel-derbi-asia-tenggara-timnas-indonesia-vs-vietnam-di-piala-asia-2023
Para pemain Indonesia dan Vietnam berdebat dalam pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin, 9 Januari 2023. (Sumber: AP Photo/Nguyen Manh Quan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyorot duel derbi Asia Tenggara antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Jumat (19/1/2024).

AFC menyebut duel antara Indonesia dengan Vietnam menjadi salah satu pertandingan yang paling menarik ditunggu pada matchday kedua.

"Setiap dua tahun, Piala AFF (ASEAN Football Federation) menjadi saksi negara-negara Asia Tenggara bersaing untuk supremasi regional. Pada awal 2023, juara dua kali Vietnam berhasil mengalahkan Indonesia yang pernah enam kali menjadi runner-up di babak semifinal, menjaga dominasi terbaru mereka atas Garuda. Dominasi ini juga mencakup kemenangan berturut-turut dalam Kualifikasi Asia untuk Piala Dunia FIFA 2022 dan Piala Asia AFC saat ini," tulis AFC.

Meski menilai Vietnam lebih dominan ketimbang Indonesia, AFC melihat pertandingan besok merupakan laga kunci yang menentukan nasib kedua tim sehingga siapa pun bisa memenangi pertandingan.

Apalagi kedua tim juga sama-sama menelan kekalahan di laga pertama. Vietnam takluk 4-2 di tangan Jepang, sementara Indonesia menyerah 1-3 kepada Irak.

Baca Juga: Jelang Indonesia vs Vietnam, Shayne Pattynama: Harus Percaya Diri dan Bertahan dengan Bagus

"Vietnam asuhan Philippe Troussier tampil mengesankan dalam kekalahan 4-2 di hari pembukaan dari Jepang, sementara Indonesia asuhan Shin Tae-yong juga mengambil sisi positif dari kekalahan 3-1 dari Irak."

"Namun, kekalahan kedua berturut-turut bagi kedua tim akan membuat peluang lolos ke babak sistem gugur menjadi sangat kecil kemungkinannya, yang berarti ada lebih dari sekadar kebanggaan dalam derbi Asia Tenggara yang sulit ini."

Dari rekor pertemuan, dalam sembilan perjumpaan terakhir dengan Vietnam, Indonesia memang hanya bisa menang sekali.

Kemenangan tersebut terjadi pada semifinal Piala AFF 2016 ketika Timnas Indonesia yang saat itu diasuh mendiang Alfred Riedl, menang 2-1 dari Vietnam di Stadion Pakansari, Bogor.

Sementara di pertemuan teranyar kedua tim, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan kalah 2-0 di Hanoi pada semifinal Piala AFF 2022.

Bahkan Indonesia sempat kalah 4-0 di pertandingan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 2021 lalu.

Namun apa pun itu, Timnas Indonesia harus mengesampingkan rekor buruk tersebut di pertandingan Piala Asia 2023.

Jika ingin meraih target lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, wajib hukumnya untuk mengalahkan Vietnam besok. 

Baca Juga: Piala Asia 2023: Bek Vietnam Ungkap Kelemahan yang Dimiliki Timnas Indonesia


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x