Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Terbantai Libya, Shin Tae-yong: Saya Tidak Lihat Hasil Akhir

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 17:32 WIB
timnas-indonesia-terbantai-libya-shin-tae-yong-saya-tidak-lihat-hasil-akhir
Ekspresi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat melakoni pertandingan uji coba melawan Libya, Selasa (2/1/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

ANTALYA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan tidak melihat hasil akhir saat pertandingan uji coba melawan Libya, Selasa (2/1/2024) kemarin.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa dia hanya ingin melihat perkembangan timnya selama pemusatan latihan (TC) di Turki dan memantau kondisi fisik para pemain jelang tampil di Piala Asia 2023 Qatar.

"Jadi di laga kemarin, saya tidak melihat hasil akhir, namun lebih kepada mengecek kondisi pemain. Sebab, sejak TC Turki, kami terus menggenjot fisik pemain," kata pelatih asal Korea Selatan dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (3/1/2024).

Shin Tae-yong kemudian menambahkan, meski meraih hasil buruk, Timnas Indonesia tetap mengalami perkembangan yang positif.

"Mungkin fans kecewa dengan hasil, namun percayalah, tim terus mengalami perkembangan yang positif," imbuhnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga menjelaskan bahwa laga uji coba kemarin merupakan kesempatannya untuk menurunkan semua pemain.

Baca Juga: Debut Justin Hubner di Timnas Indonesia Jadi Sorotan Media Asing, Apa Kata Mereka?

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu juga menekankan bahwa pertandingan melawan Libya juga digunakan untuk pematangan strategi.

"Jadi sebenarnya saya ingin mencoba semua pemain, karena ada beberapa dari mereka juga baru bergabung secara bergantian dalam TC Turki. Lebih juga untuk pematangan strategi dan penyesuaian formasi tim," jelasnya.


Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Libya dengan skor 0-4 dalam laga uji coba yang digelar di Mardan SportSports Complex, Antalya, Turki, Selasa malam.

Pada babak pertama, gol dari Ahmed Krawaa di menit 25 membuat tim asuhan Shin Tae-yong itu harus tertinggal 0-1 saat turun minum.

Berlanjut ke babak kedua, Shin Tae-yong melakukan perubahan dengan menggantikan seluruh pemain kecuali penjaga gawang kecuali Syahrul Trisna.

Namun, skuad Garuda malah kebobolan tiga gol lagi lewat Omar Al Khoja (58'), Noureddine Al Gleib (89'), dan Alaa Al Qajdar (90+2').

Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Libya dalam laga uji jelang Piala Asia 2023 Qatar pada Jumat (5/1/2024) di tempat yang sama. 

Baca Juga: Debut Justin Hubner di Timnas Indonesia Jadi Sorotan Media Asing, Apa Kata Mereka?

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x