Kompas TV olahraga sepak bola

Lini Depan Arsenal Tumpul, Mikel Arteta Isyaratkan Beli Striker Baru

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 23:30 WIB
lini-depan-arsenal-tumpul-mikel-arteta-isyaratkan-beli-striker-baru
Manajer Arsenal, Mikel Arteta. (Sumber: Arsenal.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - Mikel Arteta mengisyaratkan Arsenal akan merekrut sosok striker baru di bursa transfer musim dingin mulai 1 Januari 2024 mendatang. 

Seperti diketahui, Arsenal baru saja menelan kekalahan ketiganya di Liga Inggris 2023-24 kontra West Ham United di Stadion Emirates, Jumat (29/12/2023) dini hari WIB. 

The Gunners kalah dengan skor 0-2 lewat gol Thomas Soucek dan tandukan Konstantino Maropanos. Kekalahan ini membuat Arsenal gagal menggusur Liverpool di puncak klasemen. 

Sejatinya, apabila melihat statistik pertandingan, Arsenal tampil begitu dominan. Martin Odegaard dan kolega bahkan membuat 30 peluang, 8 on target dan punya angka expected goals (xG) mencapai 2,76. 

Baca Juga: Hasil Premier League Liga Inggris Dini Hari Tadi: Bencana Klub London, Arsenal dan Tottenham Kalah

Selain itu, Arsenal juga memiliki catatan 77 sentuhan di kotak penalti West Ham. Itu merupakan angka sentuhan di kotak penalti lawan terbanyak di suatu pertandingan Liga Inggris sejak 2008-09 tanpa menghasilkan gol. 

Catatan-catatan tersebut membuktikan tumpulnya lini depan Arsenal. Bahkan, dua striker utama The Gunners; Eddie Nketiah (5 gol) dan Gabriel Jesus (3 gol) baru memiliki total 8 gol di Premier League 2023-24. 

Arteta selaku pelatih mengisyaratkan Arsenal akan terbuka dengan peluang merekrut striker baru di bursa transfer Januari nanti. 

"Kami punya target dan ide terentu. Jika ada hal yang terjadi, kami tidak akan tahu apa yang terjadi di skuad ini dalam dua pekan ke depan. Anda harus selalu bersiap," kata Arteta dikutip dari The Athletic

"Bursa transfer sangat sulit dan berubah sangat cepat dan cukup sulit diprediksi. Anda harus bersiap. Kami juga akan bersiap dan mencoba membuat keputusan terbaik."

Baca Juga: Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong: Mayoritas Bek

"Jika ada sesuatu yang dapat kami tingkatkan di skuad dan sangat perlu, dan kami tidak dapat menunjangnya dengan skuad saat ini, kami selalu terbuka, karena kami ingin menjadi lebih kuat," imbuh pelatih asal Spanyol. 


 

Saat ini, media-media Inggris mengaitkan bomber Brentford, Ivan Toney merupakan incaran utama Arsenal untuk bursa transfer bulan depan. 

Selain itu, Arsenal juga dirumorkan dengan striker Napoli Victor Osimhen dan Dusan Vlahovic (Juventus). Khusus untuk Osimhen, Arsenal dipastikan harus merogoh kocek besar, lantaran penyerang asal Nigeria itu baru saja memperpanjang kontra di Napoli hingga 2026. 

Di kontrak barunya tersebut, Osimhen punya klausul pelepasan minimum mencapai angka 100 juta pound sterling. 

 



Sumber : Kompas TV/The Athletic/Fbref


BERITA LAINNYA



Close Ads x