Kompas TV olahraga sepak bola

Exco PSSI Sebut Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes Segera Ambil Sumpah WNI

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 21:15 WIB
exco-pssi-sebut-nathan-tjoe-a-on-dan-jay-idzes-segera-ambil-sumpah-wni
Anggota Komite Eksekutif atau Exco PSSI Arya Sinulingga menjawab pertanyaan pewarta di GBK Arena, Jakarta, Selasa (11/4/2023). (Sumber: ANTARA/RAUF ADIPATI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komite Eksekutif atau Exco PSSI Arya Sinulingga mengatakan Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes bakal segera mengucapkan sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

"Dalam waktu dekat, tinggal sumpah, ini masalahnya mereka nggak bisa datang ke Indonesia gara-gara masih tanding. Mereka tinggal sumpah (WNI) sebenarnya," kata Arya, Kamis (21/12/2023), dikutip dari Antara. 

Arya juga mengungkapkan proses pengambilan sumpah untuk Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes agak terlambat.

Keterlambatan tersebut disebabkan oleh kewajiban keduanya untuk tetap berkomitmen pada pertandingan bersama klub masing-masing.

Baca Juga: DPR RI Setujui Proses Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Langsung Gabung Timnas Indonesia?

Menanggapi pertanyaan mengenai tanggal pasti pengambilan sumpah untuk kedua pemain tersebut, Arya belum dapat memastikannya.

Proses naturalisasi yang belum tuntas hingga saat ini membuat Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes memiliki peluang kecil untuk bergabung dengan Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI telah menggelar rapat kerja tertutup untuk membahas rekomendasi pemberian kewarganegaraan atau naturalisasi kepada Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, dua pesepakbola asal Belanda. Keduanya berpotensi menjadi WNI.

Nathan yang lahir pada 22 Desember 2001, merupakan pemain sepak bola Belanda dengan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Alasan Timnas Indonesia Banyak Naturalisasi Pemain Belakang

Sementara Jay yang lahir pada 2 Juni 2000, adalah pesepak bola Belanda keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Saat ini, Nathan sedang membela klub divisi kedua Liga Inggris, Swansea City. Sementara Jay masih aktif bersama klub Serie B, Venezia.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x