Kompas TV olahraga sepak bola

Spanyol Waspadai Dua Kekuatan Jepang di 16 Besar Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023

Kompas.tv - 20 November 2023, 01:05 WIB
spanyol-waspadai-dua-kekuatan-jepang-di-16-besar-piala-dunia-u17-fifa-indonesia-2023
Para pemain timnas Spanyol U17 yang berlaga di Piala Dunia U17 2023. (Sumber: FIFA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Timnas Spanyol menyadari potensi ancaman yang bisa dihadirkan Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023. 

Duel antar kedua negara itu akan tersaji di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Pelatih Timnas Spanyol, Jose Maria Lana Fernandez mengingatkan anak asuhannya agar berhati-hati saat berjumpa Jepang, menurutnya skuad muda Samurai Biru ini sangat kuat dari aspek fisik maupun taktik.

"Jepang merupakan tim yang sangat kuat. Apalagi saat ini kami sudah memasuki babak 16 besar. Artinya, semua lawan yang akan kami hadapi akan lebih kuat," kata Jose Lana saat ditemui di Lapangan Kottabarat, Minggu (19/11/2023).

"Saya pikir, Jepang sudah memperlihatkan sejumlah keunggulan di Piala Dunia U-17 2023, baik itu secara taktik maupun fisik. Oleh karena itu, kami harus tetap berhati-hati," ujarnya melanjutkan.

Juru taktik berusia 48 tahun itu meyakini, Pau Prim dan kawan-kawan tidak akan gugup menghadapi babak 16 besar ini. Tim pelatih juga terus berusaha agar para pemain tetap fokus meraih tujuan mereka di kejuaraan ini.

"Saya selalu berusaha untuk membuat para pemain tetap fokus dengan tujuan yang ingin kami capai di Piala Dunia U17 2023 ini. Kami mencoba membuat pemain tidak tertekan di babak 16 besar nanti," ucapnya.

Baca Juga: Jadwal Babak 16 Besar Piala Dunia U17 2023: Diwarnai Dua Duel Tim Amerika Latin

Salah satu sosok pemain Jepang yang selama ini mencuri perhatian ialah Rento Takaoka. Striker berusia 16 tahun ini selalu mencetak gol pada tiga pertandingan yang tersaji di Grup D Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023.

Dari tiga laga itu, Rento Takaoka sudah mengemas empat gol. Kini dia bertengger di puncak daftar top skor sementara ajang ini. Selain dia ada Kaua Elias, striker andalan Timnas Brasil.

Melihat potensi ancaman semacam ini, Jose Lana enggan ambil pusing. Baginya, cara terbaik untuk memenangkan laga ialah dengan memperagakan gaya permainan La Rojita, yakni dengan memaksimalkan dominasi penguasaan bola.

"Kami akan tetap melakukan persiapan dan memperagakan gaya permainan kami seperti biasa. Kami berusaha untuk menjadi diri kami sendiri. Tidak ada perubahan apa pun meskipun menghadapi lawan yang bermacam-macam," ujarnya.

Sementara itu, gelandang Timnas Spanyol, Roberto Martin, juga memiliki keyakinan untuk menaklukkan Jepang. Pemain binaan akademi Real Madrid ini juga siap untuk menampilkan permainan terbaiknya agar bisa meraih kemenangan.


"Jepang adalah lawan yang kuat dan pasti sulit tetapi kami akan tetap berusaha yang terbaik agar bisa menampilkan permainan yang terbaik," kata pemain kelahiran 12 Agustus 2006 itu. 

"Saya tidak merasa nervous untuk menghadapi 16 besar ini. Kami akan tetap berusaha menjadi saya sendiri, supaya nanti hasil pertandingannya bagus," kata dia melanjutkan. 

Baca Juga: Indonesia Gagal di Piala Dunia U17 2023, Mantan Pemain: Tak Perlu Ada Bully



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x