Kompas TV olahraga sepak bola

Sepekan Gelaran Piala Dunia U17 2023: Masyarakat Antusias, Sudah 400 Ribu Orang Jadi Saksi Mata

Kompas.tv - 17 November 2023, 19:26 WIB
sepekan-gelaran-piala-dunia-u17-2023-masyarakat-antusias-sudah-400-ribu-orang-jadi-saksi-mata
Sejumlah penonton dari kalangan tua dan muda membentangkan poster saat laga terakhir Grup B Piala Dunia U17 antara Timnas Spanyol U17 vs Uzbekistan U17 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (16/11/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Gading Persada | Editor : Vyara Lestari

SURABAYA, KOMPAS.TV - Gelaran Piala Dunia U17 2023 sudah sepekan berjalan di empat kota di Indonesia dan masih menyisakan beberapa hari lagi hingga partai puncak berlangsung di Stadion Manahan Solo, 2 Desember mendatang.

Animo masyarakat begitu besar, terlebih sebagai tuan rumah, setiap pertandingan Timnas Indonesia U17 selalu dipenuhi oleh penonton di stadion. Pertandingan-pertandingan lainnya juga selalu dihadiri ribuan penonton.

Head of Marketing and Commercial LOC Piala Dunia U17 2023 Marsal Masita menyebutkan, sudah 400 ribu orang yang menonton pertandingan turnamen tersebut secara langsung di stadion.

Baca Juga: Takluk dari Maroko U17, Apakah Timnas Indonesia U17 Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U17 2023?

Angka itu dihitung dari empat kota penyelenggara, yakni Surabaya, Bandung, Surakarta (Solo), dan Jakarta. Kota Surabaya tentu  menyumbang angka terbanyak mengingat Timnas Indonesia U17 bermain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

“Surabaya adalah kota yang memiliki penonton terbanyak dari empat kota. Tapi sekadar info, per hari ini yang sudah nonton Piala Dunia U17 dari empat kota jumlahnya 400 ribu orang. Yang mau saya tekankan, ini bukan Piala Dunia senior, juga bukan Piala Dunia U-20. Ini usia terendah dari kompetisi FIFA,” kata Marsal Masita, dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv, Jumat (17/11/2023) petang.

“Kita harus bangga, dan Surabaya memberikan kontribusi terbesar dengan 400 ribu tersebut. Angka ini terus meningkat karena masih ada pertandingan grup yang belum dimainkan,” imbuhnya.

Adapun Timnas Indonesia U17 sudah menyelesaikan laga grup. Indonesia duduk di peringkat tiga Grup A di bawah Maroko dan Ekuador. Kans Indonesia lolos 16 besar sejatinya masih tersisa.

Sejumlah pemain Timnas Uzbekistan U17 memberikan aplaus ke arah penonton usai laga terakhir Grup B Piala Dunia U17 antara Spanyol U17 vs Uzbekistan U17 di Stadion Manahan Solo, Kamis (16/11/2023). (Sumber: LOC WCU17/RKY)

Syaratnya, Korea Selatan (0 poin) dan Meksiko (1 poin) tidak menang dalam laga terakhir. Dengan begitu, dua tim dari grup lain itu tidak bisa menggeser posisi Timnas Indonesia U17 di klasemen tim peringkat ketiga.

Marsal optimistis animo masyarakat masih terus meningkat saat Piala Dunia U17 2023 memasuki fase gugur nanti. Sebab, masih banyak tontonan permainan yang menarik dari tim-tim yang akan berlaga nanti.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U17: Uzbekistan Tahan Imbang Spanyol, Mali Tumbangkan Kanada

“Kalaupun Indonesia tidak lolos (16 besar), kami perlu usaha lebih. Kami berharap animonya terus ada karena kita juga mau melihat aksi-aksi semua tim U-17 dari seluruh dunia. Kita percaya harusnya, semoga angkanya tidak turun di pertandingan 16 besar dan seterusnya,” tandas dia.


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.