Kompas TV olahraga sepak bola

Bima Sakti Targetkan Timnas U17 Menang atau Imbang Lawan Maroko U17: Paling Penting Kita Bisa Lolos

Kompas.tv - 16 November 2023, 05:00 WIB
bima-sakti-targetkan-timnas-u17-menang-atau-imbang-lawan-maroko-u17-paling-penting-kita-bisa-lolos
Pelatih Timnas U17 Indonesia Bima Sakti saat memimpin latihan timnya di Jakarta, Jumat (27/10/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia U17 Bima Sakti menargetkan kemenangan atau imbang saat menghadapi Maroko U17 di laga pamungkas penyisihan Grup A Piala Dunia U17 2023.

Pertandingan antara Indonesia vs Maroko tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Kamis (16/11/2023).

Timnas U17 saat ini berada di peringkat ketiga klasemen dengan poin 2, selisih satu angka dari Maroko yang menempati posisi runner-up.

Apabila Timnas U17 Indonesia bisa mengalahkan Maroko, maka Arkhan Kaka dan kawan-kawan dipastikan lolos ke babak 16 besar. 

Namun apabila hanya meraih hasil imbang atau bahkan kalah, maka peluang lolos Timnas U17 Indonesia sangat kecil karena bergantung dengan hasil pertandingan dari grup lain.

Bima Sakti pun mengatakan bahwa ia menargetkan kemenangan atas Maroko. Namun jika hanya bisa meraih imbang, pelatih berusia 47 tahun itu juga tak mempermasalahkannya karena masih bisa lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

"Ya, yang pasti kita ingin menang. Targetnya pasti ingin menang, ya. Tapi kalau memang situasinya tidak bisa menang ya minimal ya draw gitu," kata Bima Sakti dalam konferensi pers dikutip dari BolaSport, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U17: AS Menang Tipis, Venezuela Tahan Imbang Meksiko

"Nanti soal hasil yang paling penting kita bisa lolos. Entah itu juara grup, runner-up atau tiga terbaik," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bima Sakti juga menyoroti lemahnya respons pemain ketika kehilangan bola.

Maka dari itu, Bima Sakti ingin pemainnya cepat untuk melakukan pressing apabila kehilangan bola saat penguasaan agar lawan tidak melakukan serangan balik.

"Ya kemarin juga kita latihan bagaimana mengantisipasi saat hilang bola. Kita harus cepat counter-press, kita pressing mereka sehingga mereka tidak bisa berkembang. Apalagi pemain juga melakukan dengan baik, jadi tinggal kita kurangin kesalahan-kesalahan individu," jelasnya.


Mengenai taktik yang akan diterapkan, Bima Sakti enggan membocorkannya lebih lanjut.

Namun ia menegaskan bahwa para pemain Timnas U17 Indonesia harus fokus kepada diri sendiri dulu dan bermain sebaik mungkin serta mengurangi kesalahan-kesalahan yang dibuat.

"Ya, yang pasti kita harus tetap fokus. Fokus kepada semua pemain. Fokus kurangin kesalahan-kesalahan sendiri. Fokus ke teknik dasar," ujarnya.

"Terkait dengan teknik mereka bagaimana cara passing, bagaimana kontrol. Jangan sampai buat kesalahan-kesalahan yang tidak perlu," pungkas Bima Sakti. 

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U17 2023: Prancis dan Jerman Kunci Tiket Babak 16 Besar

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x