Kompas TV olahraga sepak bola

Semarak Warga Surabaya Sambut Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023

Kompas.tv - 12 November 2023, 16:43 WIB
semarak-warga-surabaya-sambut-piala-dunia-u17-fifa-indonesia-2023
Warga kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jawa Timur ikut memeriahkan euforia Piala Dunia U17 FIFA Indonesai 2023. (Sumber: Tim Pusat Informasi Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

SURABAYA, KOMPAS.TV - Warga kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jawa Timur ikut memeriahkan euforia Piala Dunia U17 FIFA Indonesai 2023. 

Diketahui, warga dari kelurahan yang letaknya tidak jauh dari lokasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) itu, kompak memasang spanduk, umbul-umbul, hingga menggantungkan hiasan berupa bendera-bendera kecil negara kontenstan di sepanjang gang masuk kelurahan.

“Spanduk hingga umbul-umbul bertema Piala Dunia U17 di sini merupakan inisiatif warga setempat, bukan atas arahan siapa-siapa, murni keinginan warga memeriahkan dan mendukung kesuksesan event prestisius dunia,” ujar Warga Jalan Babadan Rukun, Kelurahan Dupak, Sihab, Minggu (12/11/2023).

“Dana pembuatan spanduk dan hiasan itu berasal dari uang kas RT dan sebagian dari sumbangan warga,” ujarnya.

Pemasangan berbagai atribut bertema piala dunia yang beraneka warna itu, merupakan wujud antusiasme warga setempat menyambut ajang piala dunia yang baru pertama kali di Indonesia tersebut. 

Apalagi Garuda Muda menjadi salah satu kesebelasan yang ikut bertarung. Bahkan warga Kelurahan Dupak itu rela menggunakan sebagian uang kas RT untuk membuat dan membeli berbagai atribut dan spanduk, di antaranya bertuliskan Semarak Pesta Bola Dunia Surabaya.

Baca Juga: Kata Penggawa Timnas Inggris U17 Usai Bantai Kaledonia Baru 10-0: Itu Tidak Mudah

Pemasangan spanduk dan hiasan-hiasan tersebut dilakukan beramai-ramai seminggu sebelum gelaran Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023 yang dimulai pada 10 Oktober 2023.

“(Spanduk dan hiasan) itu dipasang seminggu sebelum acara ini oleh warga setempat. Ini semua inisiatif warga,” tutur Sihab.

Dia pun mengaku turut merasakan animo masyarakat Surabaya yang ramai menonton upacara pembukaan sekaligus laga perdana Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023 di Stadion GBT pada Jumat Malam (10/11/2023).

“Animonya tinggi, di depan sini terjadi kemacetan parah sampai jam 11 malam tadi karena orang pulang menonton pertandingan di Stadion GBT,” kata Sihab melalui rilis resmi yang diterima oleh Kompas.tv.

Hal sama juga terlihat dari Kampung Manukan Lor IV-K Kelurahan Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Warga daerah ini menghias gapuranya juga dengan berbagai pernak-pernik Piala Dunia U17 2023.

Masyarakat saling bergotong-royong dengan keinginan sendiri untuk turut menyemarakkan gelaran internasional sepak bola kelompok usia tersebut.

"Ini salah satu bentuk dukungan kami. Indonesia sukses menggelar Piala Dunia, syukur-syukur Timnas kita juga terus melaju hingga babak akhir. Tapi jika tidak, kami tetap bersemangat untuk mendukung. Indonesia di dada kami," kata salah satu warga yang di temu, Agung Sanjaya.

Ia berharap masyarakat Kota Surabaya lainnya dan seluruh rakyat Indonesia memberikan dukungan apapun hasil yang di raih Garuda Muda di pentas kelas dunia ini.


Sementara warga di Kampung Lemah Putro Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng Kota Surabaya bahkan melukis mural bertema sepak bola termasuk bendera setiap negara kontestan.

"Warga juga membuat lapangan bola untuk anak-anak. Turut meramaikan. Semoga Indonesia sukses sebagai panitia maupun prestasi Timnasnya," kata Regin, mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di kota Pahlawan yang berdomisili di Embong Kaliasin.

Baca Juga: Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023, Penggawa Garuda Muda Fokus Hadapi Panama



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x