Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Kaledonia Baru U17 Tatap Piala Dunia U17 2023 dengan Sikap Realistis

Kompas.tv - 10 November 2023, 08:00 WIB
timnas-kaledonia-baru-u17-tatap-piala-dunia-u17-2023-dengan-sikap-realistis
Timnas Kaledonia Baru U17 menjalani sesi latihan jelang Piala Dunia U17 2023 di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Kaledonia Baru U17 siap menghadapi tantangan di Grup C Piala Dunia U17 2023 secara realistis.

Meskipun menyadari status kecil mereka, pelatih Leonardo Lopez berharap timnya dapat menampilkan sepak bola sesungguhnya dari Kaledonia Baru.

Kaledonia Baru, sebagai tim kecil dari sebuah negara kecil di Pasifik, tidak memiliki eksposur yang besar di dunia sepak bola internasional.

Namun, saat berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia U17 2023, para pemain dan pelatih berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dan membuat keluarga serta masyarakat sepak bola Kaledonia Baru merasa bangga.

"Jadi kami merupakan tim kecil, dari negara kecil di Pasifik. Kami ingin menaruh semua jiwa, raga, serta keberanian dari permainan sepak bola Kaledonia Baru di Piala Dunia U-17 ini," kata Lopez saat berlatih di Lapangan A Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (11/9/2023) dari rilis yang diterima Kompas.tv.

Baca Juga: Jadwal Timnas U17 Indonesia di Piala Dunia U17 2023: Laga Pembuka Lawan Ekuador, Stadion GBT Full

"Kami ingin membuat bangga keluarga serta masyarakat Kaledonia Baru. Tentu kami berusaha melakukan yang terbaik," ujar dia lebih lanjut.

Lopez secara implisit menyatakan bahwa Kaledonia Baru U17 tidak menetapkan target tinggi di Piala Dunia U-17 2023, mengingat persaingan yang ketat dalam grup.

Mereka tergabung di Grup C bersama negara-negara unggulan macam Brasil, Inggris, dan Iran.

Pada laga pertama, Kaledonia Baru akan menghadapi Inggris U17 di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (11/11) besok mulai pukul 16.00 WIB.

"Ini kali kedua kami tampil di Piala Dunia U-17. Kami bekerja sama dengan akademi untuk mencari pemain muda terbaik dan mencoba tampil di setiap penyelenggaraan Piala Dunia," kata Lopez.

"Kami mulai bekerja dengan para pemain muda ini, dan berharap kami bisa tampil lebih baik untuk kualifikasi menuju 2026," jelasnya melanjutkan.

Baca Juga: Timnas Indonesia U17 Bikin Ekuador Gugup Jelang Duel Piala Dunia U17, Ini Sebabnya

Sebagai persiapan menjelang pertandingan melawan Inggris U-17, Kaledonia Baru U-17 melakukan latihan tanding melawan timnas Burkina Faso U-17 di Stadion Indomilk, Tangerang, Senin (6/11).

Meskipun hasilnya tidak memuaskan dengan kekalahan 0-5, Lopez melihat itu sebagai pengalaman berharga untuk persiapan menghadapi tim-tim kuat.

"Kami berpikir, kami adalah yang terkecil untuk kompetisi ini. Jadi, kami merasa pertandingan itu bagus untuk persiapan kami menghadapi tim-tim yang lebih besar lainnya seperti Inggris yang menjadi lawan pertama kami," pungkasnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x