Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Dunia U17 2023: Fabio Oliveira Berharap Indonesia Lolos dari Fase Grup dan Jumpa Brasil

Kompas.tv - 9 November 2023, 00:30 WIB
piala-dunia-u17-2023-fabio-oliveira-berharap-indonesia-lolos-dari-fase-grup-dan-jumpa-brasil
Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Fabio Oliveira, yang saat ini ditunjuk mendampingi Timnas U17 Brasil selama penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023. (Sumber: Media PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Fabio Oliveira, berharap Timnas U17 Indonesia bisa lolos dari fase grup Piala Dunia U17 2023 dan bertemu Brasil di fase selanjutnya.

Harapan tersebut disampaikan Oliveira yang saat ini berada di Indonesia untuk mendampingi Timnas U17 Brasil selama penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023.

"Meskipun hati saya masih Brasil, tetapi saya sangat mencintai Indonesia. Mudah-mudahan, Indonesia juga bisa lolos dan nanti bertemu dengan Brasil. Itu akan menjadi sesuatu yang hal yang lebih besar lagi," kata Oliveira dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv, Rabu (8/11/2023).

Dia kemudian bercerita bagaimana dia bisa ditunjuk untuk mendampingi tim muda Samba selama tampil di Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023.

Ia mengaku dikontak langsung oleh Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) untuk menjadi staf pendamping Timnas U17 Brasil. Dia pun merasa sangat terhormat bisa mendampingi wakil negaranya tersebut. 

Selama penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023, dia bertugas menjembatani kebutuhan Timnas U17 Brasil dalam beberapa hal. 

"Jadi saya bertugas memenuhi kebutuhan tim dari segi logistik, bahasa, dan menjembatani dengan media," ungkapnya.

Baca Juga: Segrup dengan Spanyol, Uzbekistan Ingin Ukir Sejarah Baru di Piala Dunia U17 2023

"Di kontrak atau tidak dengan federasi tidak penting, karena yang tampil di sini adalah negara saya."

"Saya berharap dengan bantuan yang saya berikan bisa memberikan dampak positif untuk Brasil selama tampil di kejuaraan ini dan Brasil bisa kembali juara," ujar Oliveira.

Selama mendampingi Timnas U17 Brasil, dia mengatakan tidak banyak hal yang diminta pemain, pelatih, atau ofisial. Mereka pun tidak memiliki keluhan dan menilai Indonesia memiliki fasilitas yang cukup baik. 

"Sejauh ini tidak ada keluhan, bahkan dari pemain. Fasilitas sudah cukup baik, karena kita tahu bahwa federasi dan panitia pelaksana telah menjaga dan mensterilkannya," jelasnya.

"Cuaca juga tidak ada keluhan, sudah sangat bersahabat, karena di Brasil mirip-mirip seperti ini. Semua pemikiran tim sudah ke hari H saat ini, tampil untuk kemenangan," pungkasnya.

Di ajang Piala Dunia U17 2023, Brasil tergabung di Grup C bersama Inggris, Iran, dan Kaledonia Baru. Laga pertama mereka adalah melawan Iran pada 11 November di Jakarta International Stadium (JIS). 

Baca Juga: Tampil di Opening Ceremony Piala Dunia U17 2023, Wika Salim dan Aurelie Moeremans Merasa Bangga


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x