Kompas TV olahraga sepak bola

VAR untuk Piala Dunia U17 2023 Sudah Aman, Bagaimana untuk Liga 1?

Kompas.tv - 8 November 2023, 01:20 WIB
var-untuk-piala-dunia-u17-2023-sudah-aman-bagaimana-untuk-liga-1
Ratu Tisha Destria saat mencalonkan diri sebagai Wakil Ketua Umum PSSI di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Minggu (15/1/2023). (Sumber: Ahmad Zilky/Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengatakan penggunaan video assistant referee atau VAR dalam Piala Dunia U17 2023 telah aman. 

Menurut Tisha, FIFA telah melakukan uji coba VAR di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (4/11/2023) lalu.

Hal ini menandakan peralatan VAR sudah berada di Indonesia dan siap dipasang di venue-venue Piala Dunia U17 2023 yaitu Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Tisha pun berharap tidak ada masalah dalam penggunaan VAR selama berlangsungnya Piala Dunia U17 2023.

"Kemarin wasit sudah melakukan persiapan di Lapangan B dan C dengan fasilitas yang kami sediakan dari PSSI bersama dengan pemerintah Indonesia," kata Ratu Tisha, Selasa (7/11/2023), dikutip dari BolaSport.com.

"Ada set up VAR training, lalu ada set up VAR simulasi juga di sana. Sementara set up VAR di setiap stadion juga sudah mulai dilakukan sejak kemarin," imbuhnya.

Lebih lanjut Tisha meminta dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia agar penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 bisa berjalan sukses.

Apalagi turnamen resmi FIFA ini memiliki standar kualitas yang tinggi dalam hal penyelenggaraan.

Baca Juga: Tiba di Solo, Timnas Spanyol U17 Langsung Gelar Latihan Perdana

"Kami baru tahu turnamen ini begitu besar standar kualitasnya. Dan memang bagi Indonesia, kami sudah menuju ke sana," tambahnya.

Meski penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 di Indonesia sudah dipastikan menggunakan VAR, namun untuk kompetisi Liga 1, penggunaan VAR baru akan diterapkan Februari 2024.

Tisha menjelaskan, masih harus ada pelatihan dulu untuk wasit-wasit Indonesia agar bisa memahami penggunaan VAR.

"Ini berbeda ya, kami bicara tentang Piala Dunia U17 2023 dulu, untuk Liga 1 2023/2024 beda lagi. Soalnya nanti akan ada full latihan untuk para wasit Indonesia," jelas Tisha.

"Sementara yang Piala Dunia U17 2023 itu kan wasit-wasitnya dari FIFA," ujarnya.

Tisha pun bersyukur karena dalam penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 ini ada tiga wasit Indonesia yang ditugaskan sebagai supporting referee sehingga bisa menambah pengalaman.

"Alhamdulillah ada tiga wasit kami yang ditunjuk FIFA sebagai supporting referee di Piala Dunia U17 2023. Mereka adalah Aprisman Aranda, Thoriq Alkatiri, dan Yudi Nurcahya," ucapnya.

"Mereka jadi ikut latihan bersama dengan wasit-wasit dari FIFA lainnya," pungkas Tisha. 

Baca Juga: Resmi, Erick Thohir Sebut Bendera Palestina Boleh Berkibar di Pertandingan Piala Dunia U17


 



Sumber : BolaSport.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x