Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Sebut Empat Lapangan Inti Sudah Siap Sukseskan Piala Dunia U17

Kompas.tv - 6 November 2023, 22:22 WIB
erick-thohir-sebut-empat-lapangan-inti-sudah-siap-sukseskan-piala-dunia-u17
Menpora RI Dito Ariotedjo (keempat kiri) bersama Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) saat meninjau Stadion GBT Surabaya, Minggu (28/10/2023). Erick menyebut empat lapangan dipastikan siap menggelar Piala Dunia U17. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA,  KOMPAS.TV - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan empat stadion di Indonesia siap digunakan untuk ajang kejuaraan Piala Dunia U17 2023 pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

"Sejak 27 Oktober lalu empat stadion-stadion utama untuk Piala Dunia U17 sudah diserahkan ke FIFA. Artinya, sudah memenuhi persyaratan dan kelayakannya diapresiasi sangat positif. Kami siapkan empat stadion terbaik Indonesia sebagai pentasnya karena dengan sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia, Indonesia dan kota-kota penyelenggara akan berdiri sejajar dengan negara dan kota sepakbola dunia lainnya," ujar Erick, melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (6/11), dikutip dari Antara.

Seperti diketahui, ada empat stadion yang disiapkan untuk ajang Piala Dunia U17 2023. Pertama Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya yang menjadi arena partai pertama Grup A, pada 10 November, sekaligus upacara pembukaan. 

Lalu Stadion Manahan, Solo menjadi tempat pertandingan Grup B, sekaligus duel semifinal dan final. 

Setelah itu ada Jakarta Internasional Stadium (JIS) markas peserta Grup C dan Grup E. Kemudian Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, kandang bagi tim negara di Grup D dan Grup F.

Nantinya ada total 24 negara yang bakal bertanding di Piala Dunia U17 edisi ke-19 yang merupakan turnamen di bawah naungan FIFA.

Adapun ke-24 negara peserta dibagi ke dalam enam grup (A-F) dengan masing-masing grup diisi oleh empat tim. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Diizinkan Jadi Penasihat Seongnam FC! Ketum PSSI, Erick Thohir: Yang Penting Hasil

Peringkat satu dan dua otomatis lolos ke babak 16 besar, ditambah dengan empat tim peringkat tiga terbaik.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Timnas Indonesia sebagai tuan rumah berada di Grup A Piala Dunia U17 dan bakal menghadapi tiga tim tangguh, Ekuador, Panama, dan Maroko. Laga-laga Timnas Indonesia U-17 di Grup A bakal dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Timnas U17 Indonesia telah menggelar latihan perdana di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (5/11) malam kemarin sebagai persiapan tim jelang bergulirnya Piala Dunia U17. 

Sesi latihan itu sengaja digelar pada malam hari untuk menyesuaikan diri dengan waktu pertandingan di Piala Dunia U17 2023 yang akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember mendatang.

"Ya, kami sengaja mengambil (waktu) malam hari, karena nanti di tanggal 10 (November) kami akan bertanding di malam hari. (Oleh karena itu) di tanggal 6 sampai 9 November kami juga ambil (latihan) malam hari untuk penyesuian dengan cuaca di sini," kata pelatih Timnas Indonesia U17 Bima Sakti.

Bima Sakti mengatakan para pemainnya sudah mulai terbiasa dengan kondisi cuaca di Surabaya dan sekitarnya yang cukup panas. Indonesia tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko akan berkandang di Gelora Bung Tomo (GBT) selama fase grup.

"Saya pikir para pemain bisa dengan cepat beradaptasi," ucap Bima Sakti.

Baca Juga: Ini Target Ketum PSSI, Erick Thohir untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17!


 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x