Kompas TV olahraga sports

Asian Para Games 2022: Indonesia Tambah Satu Emas dari Cabang Para Cycling

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 16:04 WIB
asian-para-games-2022-indonesia-tambah-satu-emas-dari-cabang-para-cycling
Atlet balap sepeda Putri NPC Indonesia Sri Sugiyanti dan Nimal Magfiroh (tengah) saat menerima medali emas nomor road race putri, di Chunan Jienshou Sports Centre Hangzhou, China, Jumat (27/10/2023). (Sumber: ANTARA/HO- Humas NPC Indonesia.)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Tim Para Cycling Indonesia berhasil menambah medali di ajang Asian Para Games 2022 yang berlangsung di Chunan Jienshou Sports Centre Hangzhou, China, pada hari ini Jumat (27/10). 

Mereka berhasil meraih satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu dalam nomor road race.

Pada nomor road race tandem putri, Sri Sugiyanti, yang dipiloti oleh Nimal Magfiroh, meraih medali emas. 

Sementara itu, dalam nomor road race tandem putra, Nurfendi meraih medali perak. 

Sedangkan dalam nomor road race putra C4-5, Sufyan Saori berhasil memperoleh medali perunggu.

Dengan tambahan prestasi ini, kontingen Indonesia dalam nomor para cycling telah mengumpulkan total tiga medali emas, empat medali perak, dan empat medali perunggu. 

Torehan ini melebihi target yang telah ditetapkan untuk Asian Para Games China, yang sebelumnya adalah dua medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu.

Baca Juga: Asian Para Games 2022: Rifky Raih Emas untuk Indonesia dan Pecahkan Rekor di Asia

Sebagai informasi medali perak yang diraih oleh Nurfendi merupakan pencapaian kedua baginya dalam kompetisi ini.

Pelatih Para Cycling NPC Indonesia Fadilah Umar sangat bersyukur karena cabang olahraga yang ia tukangi mampu memberikan tambahan tiga medali sekaligus.

"Para Cycling NPC Indonesia untuk nomor road race menargetkan satu medali perunggu saja, tetapi bisa menyabet satu emas, satu perak, dan satu perunggu. Ini, memang luar biasa," kata Fadilah.

Sementara itu, penampilan Sri Sugiyanti dengan dipiloti oleh Nimal Magfiroh dinilai sangat luar biasa. Mereka sejak start sudah berada di posisi terdepan dan dapat melepaskan diri dari rombongan atlet lainnya.

Pembalap putri Indonesia itu sempat beradu cepat dengan atlet tuan rumah China, namun mereka selalu bertahan di depan hingga mencapai finis.

"Saya acungi jempol kepada pembalap Sugiyanti dan Nimal saat sekitar 50 meter jarak finis beradu sprint dengan pembalap China hingga ke garis finis. Untuk pembalap Indonesia sempat beradu kecepatan dengan pembalap China, tetapi akhirnya Indonesia menjadi juaranya," kata Fadilah dikutip dari Antara.


 

Dikutip dari laman resmi Asian Para Games 2022 hingga pukul 15.24 WIB, Indonesia sudah mengumpulkan sebanyak 24 medali emas, 20 perak, dan 30 perunggu dan berada di urutan kelima klasemen medali Asian Para Games seri ini.

Baca Juga: Medali Emas Asian Para Games 2022 dan Target Tinggi Arianti Selanjutnya



Sumber : Kompas TV, Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.