Kompas TV olahraga badminton

Asian Para Games 2022: Leani/Khalimatus Raih Emas untuk Indonesia, dari Cabor Apa?

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 15:52 WIB
asian-para-games-2022-leani-khalimatus-raih-emas-untuk-indonesia-dari-cabor-apa
Pasangan ganda putri SL3-SU5 Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah berfoto bersama usai melakukan sesi wawancara singkat bersama wartawan di Binjiang Gymnasium, China, Jumat (27/10/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Arnidhya Nur Zhafira)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Pasangan ganda putri SL3-SU5 Indonesia, Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah, mengakhiri perjuangan mereka dalam ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou dengan membawa pulang medali emas. 

Mereka berhasil mencapai prestasi tersebut usai mengalahkan wakil India, Manasi Girishchandra Joshi dan Thulasimathi Murugesan, dalam pertandingan final hari ini, Jumat (27/10/2023).

Pertandingan final ini berlangsung di Binjiang Gymnasium, China, dan berakhir dengan skor rubber game 21-16, 13-21, 21-14 untuk keunggulan Leani dan Khalimatus. 

Dari awal gim pertama, pasangan Indonesia ini tampil dominan dan tidak memberikan banyak kesempatan bagi lawan mereka untuk mengembangkan serangan. 

Mereka berhasil mempertahankan keunggulan dengan strategi penempatan bola yang sulit diantisipasi oleh lawan. 

Walaupun lawan sempat mencoba mengejar, Leani dan Khalimatus tetap fokus dan berhasil memenangkan gim pertama dengan skor 21-16.

Baca Juga: Asian Para Games 2022: Rifky Raih Emas untuk Indonesia dan Pecahkan Rekor di Asia

Gim kedua berjalan lebih sengit, dengan kedua pasangan sama-sama tampil agresif dari awal hingga pertengahan pertandingan. 

Joshi dan Murugesan, pasangan muda unggulan India, berhasil memberikan tekanan kepada pasangan Indonesia dan akhirnya memenangkan gim kedua dengan skor 13-21.

Dikutip dari Antara, pada gim pamungkas, pasangan ganda putri India tidak berhasil mempertahankan momentum mereka. 

Leani dan Khalimatus tampil lebih tenang dan tidak terburu-buru dalam permainan mereka. 

Mereka berhasil meraih kemenangan dengan angka yang terus bertambah hingga mencapai skor 21-14, dan akhirnya, medali emas Asian Para Games 2022 Hangzhou menjadi milik mereka.

Sebagai informasi dalam seri Asian Games sebelumnya, Leani Ratri Oktila juga meraih medali emas bersama Hikmat Ramdani dalam nomor ganda campuran SL3-SU5, serta medali perak dalam nomor tunggal putri SL4. 

Sementara itu, Khalimatus Sadiyah meraih medali perak dalam nomor ganda campuran SL3-SU5 bersama Fredy Setiawan, dan medali perunggu dalam nomor tunggal putri SL4.

Dengan prestasi ini, tim bulu tangkis Para Indonesia telah mengumpulkan sebanyak lima medali emas, lima medali perak, dan empat medali perunggu dalam Asian Para Games edisi keempat.

Baca Juga: Medali Emas Asian Para Games 2022 dan Target Tinggi Arianti Selanjutnya


 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x