Kompas TV olahraga sports

APG 2022: Atlet Para Renang Maulana Rifky Yavianda Raih Emas dan Pecahkan Rekor Asia

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 22:50 WIB
apg-2022-atlet-para-renang-maulana-rifky-yavianda-raih-emas-dan-pecahkan-rekor-asia
Perenang Indonesia Maulana Rifky Yavianda memacu kecepatan pada nomor 50 meter gaya dada SB12 ASEAN Para Games 2023 Kamboja di Marodok Techo Aquatic Center, Phnom Penh, Kamboja, Senin (5/6/2023). Maulana berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 32,16 detik. (Sumber: ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Atlet para-renang, Maulana Rifky Yavianda, sukses menyumbang medali emas kedua untuk Indonesia sekaligus memecahkan rekor Asia pada nomor gaya punggung S12 putra Asian Para Games 2022 Hangzhou, Senin (23/10/2023).

Dalam perlombaan yang berlangsung di Hangzhou Olympic Sports Centre Aquatic Sports Arena, Rifky finis pertama dalam waktu 1 menit 03,55 detik. 

Tak hanya meraih medali emas, Rifky juga memecahkan dua rekor yaitu rekor Asia (1 menit 03,98 detik) dan rekor Asian Para Games (1 menit 09,38 detik).

“Perasaannya, alhamdulillah bersyukur sudah diberi satu emas dan memecahkan rekor Asia,” ucap Rifky, dikutip dari Antara.

“Saya sedikit mengalami sedikit kendala saat persiapan menjelang lomba karena saya merasa gugup dan nervous. Diharapkan ke depannya saya bisa menyumbangkan medali lagi,” imbuhnya.

Baca Juga: Blind Judo Raih Dua Perunggu untuk Indonesia di Asian Para Games 2022

Sementara pada nomor yang sama, medali perak direbut oleh Jahan Abadi Mohammad Hossein Karimi dari Iran dengan waktu 1:09.95.

Sedangkan perunggu menjadi milik perenang Kazakhstan, Roman Potapov, dengan catatan waktu 1:10.25.

Emas yang diraih Rifky menjadi medali emas kedua bagi kontingen Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Para Games 2022.

Emas pertama bagi Indonesia sebelumnya dipersembahkan oleh Saptoyogo Purnomo dari cabang atletik lari 400 meter T37 putra.

Asian Para Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China, masih akan bergulir hingga Sabtu (28/10/2023) mendatang.

Kontingen Indonesia ditargetkan mampu finis dalam 10 besar Asian Para Games 2022 Hangzhou dengan raihan 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

Baca Juga: Asian Para Games 2022: Saptoyogo Purnomo Raih Medali Emas Pertama untuk Indonesia


 



Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.