Kompas TV olahraga sepak bola

Soal Kans Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Begini Kata Erick Thohir

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 14:07 WIB
soal-kans-timnas-indonesia-lolos-ke-piala-dunia-2026-begini-kata-erick-thohir
Ketum PSSI Erick Thohir ketika hadir pada sesi latihan terakhir timnas Indonesia jelang melawan Brunei Darussalam pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (11/10/2023) (Sumber: Antara Foto/Zaro Ezza Syachniar)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, buka suara soal kans Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026. 

Seperti diketahui, Piala Dunia 2026 akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko mengalami perubahan jumlah peserta, dari 32 menjadi 48.

Peningkatan jumlah negara peserta ini memperluas alokasi untuk setiap benua, termasuk Asia, yang kini memiliki 8,5 tempat, naik dari sebelumnya hanya 4,5.

Artinya, delapan tim dari Asia akan mendapatkan tiket otomatis, sementara satu tim lainnya bisa melalui play-off antar konfederasi.

Erick mengungkapkan bahwa dengan pertambahan peserta dalam Piala Dunia 2026, Indonesia memiliki kesempatan yang lebih baik.

Baca Juga: Ini Sosok Andalan Brunei untuk Hadapi Timnas Indonesia, Bukan Pemain atau Pelatih

Namun, ia menegaskan bahwa prioritas utama tim yang diasuh oleh Shin Tae-yong adalah untuk memenangkan pertandingan putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Brunei Darussalam terlebih dahulu.

Duel leg pertama Timnas Indonesia vs Brunei akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB. Sedangkan leg kedua berlangsung di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah pada 17 Oktober.

“Itu kita fokus dulu, nah kalau itu lolos lagi baru kita senyum dikit. Nah memang probabilitasnya 48 negara mestinya juga menguntungkan Asia yang tadinya sangat sedikit sekarang jadi 8,5,” kata Erick, Rabu (11/10/2023) dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Jokowi Jadwalkan Tonton Langsung Laga Timnas Indonesia vs Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Ya kita coba maksimal, karena itu saya hadir malam ini (latihan terakhir timnas) ingin memastikan, para pemain tidak sebelah mata, melihat Brunei,” ujarnya.

Erick juga menekankan bahwa meskipun peringkat FIFA antara Indonesia (147) dan Brunei (191) memiliki selisih yang signifikan, Asnawi Mangkualaman dan rekan-rekannya tidak boleh meremehkan Brunei.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pengulangan hasil seperti saat Indonesia mengalahkan China Taipei U-23 dengan skor 9-0 dalam kualifikasi Piala Asia U-23, tetapi kemudian kalah 0-1 dari Timnas China Taipei senior pada Asian Games 2022 Hangzhou.

“Kita sudah pernah lihat bagaimana kita menang dengan 9-0, tetapi di pertandingan lain kita kalah 0-1. Jadi artinya bola itu bundar, jadi kita tidak boleh ya memandang sebelah mata,” kata Erick.


Apabila Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong sukses mengalahkan Brunei, mereka akan lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan bersaing di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Baca Juga: Kapten Brunei Prediksi Timnas Indonesia akan Pakai Formasi 1-1-8

Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 sendiri dijadwalkan bergulir pada November 2023, Maret 2024, dan Juni 2024.

“Insha Allah lolos kita masuk tentu ke grup selanjutnya nah di situ makanya nanti ada pertandingan di bulan November (2023), Maret (2024), sama Juni (2024),” kata Erick.




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x