Kompas TV olahraga sports

Rahmat Erwin Abdullah, 'Rambo' Penyumbang Emas Kelima Asian Games 2022 Penerus sang Ayah

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 11:00 WIB
rahmat-erwin-abdullah-rambo-penyumbang-emas-kelima-asian-games-2022-penerus-sang-ayah
Atlet angkat besi Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, meraih medali emas di kelas 73 kg putra di Asian Games 2022 di Hangzhou, China, Selasa, 3 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Louise Delmotte)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia berhasil menambah raihan medali emas pada Asian Games 2022, setelah lifter muda Rahmat Erwin Abdullah dari cabang olahraga (cabor) angkat besi menyumbangkan emas kelima. 

Rahmat mempersembahkan medali emas dari cabor angkat besi kategori 73 kg putra. Berlaga di Xiaoshan Sports Center Gymnasium, Hangzhou, pada Selasa (3/10/2023) malam WIB, Rahmat sanggup membukukan angkatan terbaik snatch 158 dan clean and jerk 201 kg.

Pepatah "mangga jatuh tak jauh dari pohonnya" rupanya berlaku bagi Rahmat dan sang ayah yang juga pelatih, Erwin Abdullah. Erwin yang juga lifter pernah  merebut medali perak Asian Games Busan, Korea Selatan, pada 2002. Erwin meraih perak dengan angkatan clean and jerk seberat 190 kg pada kelas 69 kg. 

Baca Juga: Asian Games 2022: Cetak Rekor Dunia Baru, Rahmat Erwin Abdullah Raih Medali Emas Angkat Besi 73 Kg

Peristiwa 21 tahun lalu itu, sempat diabadikan fotografer Kompas, Kartono Ryadi, dan wartawan Kompas, Irving Noor, yang meliput langsung di Busan. Keduanya menjuluki Erwin sebagai "Rambo", karakter film yang diperankan Sylvester Stallone dengan tubuh kekar.

Dikutip dari Kompas.id, kalau Sylvester Stallone bisa disebut sebagai Rambo pertama karena dia memerankan karakter jagoan itu, maka Erwin Abdullah adalah Rambo kedua dan Rahmat Erwin Abdullah, bisa dijuluki Rambo ketiga. Hal itu karena ayah dan anak itu, sama-sama memamerkan gaya ibarat Rambo setelah aksi mereka meraih medali.

Pada konferensi pers selepas pertandingan, Rahmat mengatakan, pose itu memang sengaja ditunjukkannya bersama sang ayah. Rahmat ingin mengulangi apa yang dilakukan sang ayah di Asian Games. Kali ini, pencapaian Rahmat lebih tinggi dari Erwin.

Sebenarnya bukan kali ini saja Rahmat berpose setelah mengeksekusi angkatan terakhir. Rahmat melakukannya dalam beberapa kejuaraan, termasuk saat memecahkan rekor dunia clean and jerk untuk angkatan 209 kg pada kelas 81 kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2023, di Riyadh, Arab Saudi, tiga pekan lalu.

”Bapak ternyata pernah menunjukkan banyak pose, makanya aku coba saja tampilkan. Buat variasi,” kata Rahmat sepulang dari Riyadh.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 ini melanjutkan, peran ayah dan ibunya sama besar dalam perkembangannya sebagai lifter. Meski berada di Makassar, kata Rahmat, ibunya (Ami Asun Budiono), selalu memberikan dukungan moral. Ami selalu setia menenangkan Rahmat ketika gundah dan menyemangati sang anak ketika merasa ingin menyerah.


”Bapak juga sering memberi wejangan-wejangan, dalam angkat besi ataupun dalam hidup. Aku pun mencoba menurut karena selain pelatih, bapak juga orangtua, jadi kalau tidak menurut malah jadi kualat,” tutur Rahmat.

Baca Juga: Lifter Rahmat Erwin Abdullah Sumbang Medali Ketiga Indonesia di Olimpiade Tokyo

Tak sia-sia, kedua orang tua yang berprofesi sebagai atlet itu, berhasil mengantarkan sang anak menjadi kebanggan keluarga dan juga tanah air.   


 



Sumber : Kompas.id, Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.